Bupati Balangan Naikan Tunjangan Kepala Sekolah

Paringin, KP – Kepala sekolah yang merupakan pemimpin tertinggi pada sebuah lembaga pendidikan, memegang peranan yang sangat besar dalam membawa dan menentukan kualitas pendidikan.

Kepala sekolah juga harus bisa sebagai supervisor untuk memantau dan membina proses pembelajaran di sekolah. Peran sentral kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikan ini mendapat perhatian khusus dari Bupati Balangan.

Sehingga mulai tahun ini tunjangan jabatan kepala sekolah SD-SMP sederajad se-Balangan dinaikkan. Tidak tanggung tanggung, Bupati Balangan juga masih memberikan tunjangan khusus bagi kepala sekolah dan guru yang bertugas di daerah pelosok mengingat medan dan jarak yang mereka tempuh sangat sulit serta jauh.

Menurut Bupati H Abdul Hadi kenaikan insentif tersebut dianggap pantas, lantaran tugas sebagai seorang kepala sekolah lebih berat dibandingkan dengan guru biasa.

“Tugas dan tanggung jawab kepala sekolah dalam rangka kelancaran dan kualitas ada di tangan kepala sekolah. Oleh karena itu. maka pemerintah daerah menaikkan insentif kepala sekolah menjadi Rp1,5 juta,” ujarnya, baru-baru tadi.

Berita Lainnya
1 dari 739
loading...

Orang nomor satu di Balangan ini juga merasa kasihan guru yang mengajar dan bertugas di daerah pelosok tidak mendapatkan tunjangan dari pemerintah pusat.

Menurutnya, hal itu karena ada kesalahan data dari Kementerian Desa yang diserahkan kepada Kementerian Pendidikan.

“Oleh karena itu, Pemkab Balangan tetap memberikan tunjangan khusus bagi mereka,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Balangan, Ribowo. Ia menjelaskan, dulu insentif kepala sekolah sebesar Rp1,2 juta sedangkan guru biasa mendapatkan insentif Rp800 ribu sampai 1 juta itupun tergantung masa kerja.

Lebih lanjut, dengan telah dinaikannya tunjangan ini, Ribowo berharap agar para kepala sekolah benar benar mampu memimpin sekolahnya, mengatur penyelenggaran pendidikan sekolahnya sehingga mampu meningkatkan kualitas sekolah yang dipimpinnya.

“Selisihnya sedikit antara kepala sekolah dan guru. Oleh karenanya Bupati Balangan meminta untuk dinaikkan sehingga untuk kepala sekolah insentif menjadi Rp 1,5 juta,” pungkasnya. (srd/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya