DPMPTSP HSU Kembali Membuka Pelatihan Balai Latihan

Amuntai, KP – Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) kembali membuka Program Pelatihan Kerja Dan Produktivitas Tenaga Kerja Sumber Dana APBD Tahun 2022.

Adapun kejuruan yang dibuka antara lain pengoperasian komputer dasar,menjahit dasar, service sepeda motor, mobil bensin, dan AC Split.

Plt Bupati HSU H Husairi Abdi yang membukan pelatihan kerja tahap 3 tahun 2022 belum lama mengatakan, kegiatan tersebut tentunya memiliki arti penting dan strategis bagi para pencari kerja, dalam rangka memberikan dan meningkatkan pengetahuan, kompetensi dan keterampilan mereka

“Sehingga kedepannya para pencari kerja memiliki keterampilan khusus dan kompetensi di bidangnya, yang pada akhirnya akan memudahkan mereka untuk mencari dan mendapatkan kesempatan kerja,” ungkapnya.

Menurut Husairi bertambahnya jumlah angkatan kerja, terbatasnya lapangan kerja, kurangnya etos kerja serta minimnya keterampilan dan keahilian yang dimiliki oleh pencari kerja merupakan pemicu dan problematika yang selalu di hadapi.

Pada saat sekarang bahwa lowongan pekerjaan yang tersedia sangat terbatas, sementara jabatan uang sangat diperlukan tidak dapat diisi karena terbatasnya keterampilan yang dimiliki para pencari kerja yang ada.

Berita Lainnya

Lensa Foto HSU

1 dari 607
loading...

Salah satu alternatif dan solusinya adalah perlu upaya peningkatan keterampilan dan kompetensi para pencari kerja sesuai dengan kebutuhan pasar kerja yang diperlukan melalui pengembangan dan penyesuaian program – program pelatihan.

Husairi berpesan kepada seluruh peserta untuk mengikuti pelatihan tersebut dengan serius dan sungguh-sungguh, dalam mengikuti seluruh tahapan dan proses pelatihan.

“Saya berharap akan disiapkan calon tenaga kerja yang mempunyai kompetensi dan keterampilan dibidangnya masing masing,” lanjutnya.

Kepala DPMPTSP HSU Dra. Hj. Galuh Bungsu Sumarni, M. AP mengatakan permasalahan ketenagakerjaan di Kabupaten HSU saat ini masih banyaknya jumlah angka pengangguran. Sementara untuk lowongan kerja yang tersedia juga sangat terbatas.

Oleh sebab itu kebijakan Pemerintah melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu adalah melakukan dan membuka pelatihan untuk meningkatkan kompetensi dan skill para pencari kerja yang terdaftar di Dinas PMPTSP Kabupaten HSU dalam berbagai bidang sesuai kompetensi yang dibutuhkan.

Pada tahun 2022 BLK Amuntai mendapat bantuan dana pelatihan bagi pencari kerja yang ada di Kabupaten HSU sebanyak 224 orang yang terdiri dari pelatihan kejuruan menjahit, komputer, AC dan Otomotif. (nov/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya