DPRD Ciptakan Suasana Kondusif Jelang Pemilu 2024

Jakarta, KP – Asosiasi DPRD Provinsi Seluruh Indonesia (ASDPSI) berperan untuk menciptakan suasana kondusif menjelang Pemilu serentak pada 2024 mendatang.


“Jadi DPRD diminta perannya untuk menciptakan suasana kondusif menjelang Pemilu,” kata Wakil Ketua DPRD Kalsel, M Syaripuddin, usai mengikutii Rakor ADPSI pada 24-26 Oktober 2022, di Jakarta.


Sekjen Kemendagri, H Suhajar Diantoro mengatakan, sesuai arahan Presiden Joko Widodo, maka semua pihak harus memastikan penyelenggarakan Pemilu 2024 bisa berjalan sesuai jadwal.


“Sejumlah menteri juga diminta memberi dukungan penuh kepada KPU dan seluruh jajarannya,” kata Suhajar.


Kemudian juga membantu KPU menjaga dan meningkatkan kualitas KPU agar berhati hati dalam menyelenggarakan Pemilu.

loading...


“Kampanye agar dipersingkat, dan seluruh aparat negara dikerahkan untuk mendukung kelancaran proses produksi dan logistik sampai ke tempat pemungutan suara (TPS),” jelasnya.


Selain itu, hasil rapat kerja dengar pendapat antara Komisi II DPR RI dengan kementrian Dalam Negeri, KPU RI, Bawaslu Ri dan DKPP RI pads 24 Januari 2022, dipastikan Pemilu serentak 2024 memilih Presiden dan Wakil Presiden, DPR RI, DPD RI, DPRD provinsi dan DPRD kabupaten/kota pada 14 Februari 2024, kemudian Pilkada Serentak tahun 2024 memilih Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota 27 November 2024.


Sementara itu, Plh Direktur Perencanaan Anggaran Daerah, Direktorat Perencanaan Anggaran Daerah, Dirjen Keuangan Daerah Kemendagri, M Valianda mengatakan, pelaksanaan kewaspadaan dini daerah dan isu krusial arah kebijakan penyusunan anggaran pendapatan dan belanja daerah tahun anggran 2023.


Kegiatan tersebut juga dihadiri Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Kalsel, Muhammad Jaini. (lyn/KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya