Iklan
Iklan
Iklan
Banjarmasin

Gubernur Optimis Capai Keberhasilan Pembangunan

×

Gubernur Optimis Capai Keberhasilan Pembangunan

Sebarkan artikel ini
OPTIMIS – Asisten Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setdaprov Kalsel, H Fajar Desira mewakili gubernur menyatakan optimis terhadap keberhasilan pembangunan pada 2023 pada paripurna dewan, Senin (10/10), di Banjarmasin. (KP/humasdprdkalsel)

Banjarmasin, KP – Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor optimis untuk mencapai keberhasilan pembangunan pada 2023 dengan dukungan DPRD Kalsel melalui Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2023.


“Kita optimis untuk mencapai keberhasilan pembangunan,” kata Sahbirin Noor dalam jawaban terhadap pemandangan umum fraksi yang dibacakan Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setdaprov Kalsel, H Fajar Desira pada paripurna dewan, Senin (10/10), di Banjarmasin.


Diungkapkan, optimisme terhadap keberhasilan pembangunan ini dengan pertimbangan yang rasional dan berbasis data, termasuk dukungan DPRD Kalsel dalam menyusun RAPBD 2023.


“Dean juga mengingatkan agar mengelola anggaran sesuai aturan dan kebutuhan prioritas, menerapkan prinsip transparansi, akuntabilitas dan partisipatif,” tambahnya.


Sahbirin mengatakan, APBD 2023 diarahkan pada peningkatan SDM yang unggul dan berdaya saing, optimalisasi sektor industri, UMKM, pertanian dan pariwisata.


“Juga memperkuat infrastruktur untuk pemenuhan pelayanan dasar dan pengembangan perekonomian daerah, investasi hilirisasi industri, serta meningkatkan tata kelola pemerintahan yang fokus pada pelayanan publik,” jelas Gubernur.


Ditambahkan, dengan meningkatnya SDM, pengoptimalan sektor industri, umkm, pertanian dan pariwisata, serta ditambah dengan tata kelola pemerintahan yang memegang prinsip good government, maka cita-cita dan impian mencapai kalsel maju sebagai gerbang ibukota negara, akan semakin dekat dalam kenyataan.


Selain itu, sejumlah catatan dari fraksi akan mendapatkan respon dalam bentuk program dan kegiatan, seperti antisipasi terhadap kenaikan inflasi akibat kenaikan BBM, berhati-hati agar pengelolaan keuangan daerah jangan sampai terjadi kebocoran, melakukan inovasi dan terobosan dalam meningkatkan pendapatan asli daerah.


“Khususnya mengoptimalkan PAD yang bersumber dari BUMD dan sumber lainnya yang bukan dari pajak,” ungkapnya.


Bahkan Gubernur optimis, jika pendapatan asli daerah bisa ditingkatkan dalam setiap tahun anggaran, karena selama tiga tahun terakhir ini PAD selalu mengalami tren kenaikan, yang juga berdampak langsung terhadap kenaikan APBD Kalsel dalam beberapa tahun terakhir ini.

Baca Juga:  Gubernur dan DPRD Kalsel Sepakati KUA PPAS APBD 2023


“Insya Allah, harapan-harapan itu bisa diwujudkan, dengan kebersamaan, saling sinergi dan kolaborasi yang telah terangkai dengan baik dalam pembahasan RAPBD 2023,” ujarnya.


Sementara itu, Ketua DPRD Kalsel, H Supian HK mengatakan, pembahasan RAPBD 2023 diharapkan berjalan lancar, serta tidak ada kekurangan dan hambatan.


“Karena ini semuanya untuk pembangunan daerah, sehingga penyusunan anggaran harus memperhatikan berbagai kepentingan masyarakat,” ujar politisi Partai Golkar. (lyn/KPO-1)

Iklan
Iklan