Ratusan Masyarakat Bumi Makmur Terima Sertipikat PTSL

Pelaihari, KP – Sebanyak 419 masyarakat dari dua desa di Kecamatan Bumi Makmur menerima sertipikat hak atas tanah atas program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) melalui dana hibah Pemerintah Kabupaten Tanah Laut (Pemkab Tala) yang dilaksanakan oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kantor Cabang (Kanca) Tala. Sertipikat diserahkan secara simbolis oleh Bupati Tala HM Sukamta. Bertempat di Halaman Kantor Kecamatan Bumi Makmur, Rabu (19/10/2022).

Sukamta dalam sambutannya menyampaikan dengan diserahkannya sertipikat PTSL kepada masyarakat di dua desa yaitu Desa Handil Babirik sebanyak 326 sertipikat dan Desa Bumi Harapan 93 sertipikat pada hari ini membuat status kepemilikan tanah sudah jelas. Lebih dari itu, sertifikat ini juga bernilai guna sebagai modal bagi masyarakat dipergunakan untuk membuka usaha agar dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Gunakan sertipikat dengan sebijak mungkin agar bernilai ekonomis dan menambah pemasukan untuk keluarga,” ucap bupati.

Ia menambahkan, sertipikat tanah milik warga melalui program PTSL ini merupakan salah satu program unggulan presiden, dimana pemerintah kabupaten wajib untuk mendukung dan menyukseskan program tersebut. Sehingga untuk tahun ini Pemkab Tala menganggarkan 10 ribu sertipikat dan pada tahun 2023 nanti akan mengganggarkan sebanyak 15 ribu sertipikat melalui dana APBD. PTSL ini juga salah satu bentuk komitmen dalam perwujudan pelaksanaan kewajiban pemerintah untuk menjamin kepastian dan perlindungan hukum atas hak kepemilikan tanah masyarakat. Karena jika masyarakat masih menggunakan sporadik, kemungkinan yang akan terjadi adalah sengketa tanah.

Berita Lainnya
1 dari 1.643
loading...

“Dengan sudah adanya sertipikat menjadi perlindungan hukum bagi masyarakat jika dikemudian hari adanya permasalahan atas tanah tersebut,” terangnya.

Kepala BPN Tala, Akhmad Suhaimi pada kesempatan ini menuturkan, di Kalimantan Selatan (Kalsel), hanya Pemkab Tala yang mampu membantu BPN untuk pembuatan program PTSL. Masyarakat harus merasa bangga atas apa yang telah diupayakan oleh Pemkab Tala untuk selalu berpihak kepada masyarakatnya. Oleh karena itu, Ia berharap dapat terus melanjutkan kerjasama yang baik dengan Pemkab Tala untuk kesejahteraan masyarakat di Bumi Tuntung Pandang sehingga kedepannya lebih banyak sertipikat yang dihasilkan melalui program PTSL.

“Saya bangga karena ada bupati yang mau membiayai masyarakatnya untuk hak atas tanahnya melalui program PTSL,” pungkasnya.

Turut berhadir Anggota Komisi II DPR RI HM Rifqinizami Karsayudha, Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Kalsel, Kepala Dinas PUPRP Tala, Camat Bumi Makmur serta Kepala Desa se-Kecamatan Bumi Makmur. (rzk/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya