Balangan Gelar Apel Kesiapsiagaan Bencana

Paringin, KP – Pemerintah Kabupaten Balangan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) bersama TNI-Polri dan instansi terkait menggelar Apel Gabungan Kesiapsiagaan Bencana.

Langkah tersebut sebagai wujud nyata sinergitas kesiapsiagaan dalam rangka mengantisipasi bencana pada 2022-2023. Apel dilaksanakan di Tugu Maritam, Selasa (22/11/2022).

Apel kesiapsiagaan tersebut dipimpin  Bupati Balangan H. Abdul Hadi. Turut hadir, jajaran Forkompimda Kabupaten Balangan antara lain, Kapolres Balangan AKBP Zaenal Arifin, Kepala Kejaksaan Negeri Balangan La Kanna, Dandim 1001 Amuntai-Balangan, Anggota DPRD Kabupaten Balangan serta Kepala BPBD Kabupaten Balangan H.Rahmi. Sementara peserta apel terdiri dari Anggota TNI-Polri, Satpol PP, BPBD, Damkar Dishub, Tagana, Relawan Ormas serta pihak terkait lainnya.

Abdul Hadi dalam arahannya mengatakan di tengah iklim yang tidak menentu ini terutama menjelang Desember-Januari, seluruh elemen diharapkan saling bahu membahu dalam proses pembangunan dan meningkatkan kemampuan dalam penanggulangan bencana.

Berita Lainnya
1 dari 805
loading...

“Ini adalah apel kesiapsiagaan dalam rangka menghadapi bencana banjir dan tanah longsor di Kabupaten Balangan, karena berdasarkan yang disampaikan BMKG bahwa curah hujan akan meningkat pada Desember-Januari, tetapi dengan adanya banjir minggu kemarin sepertinya curah hujan lebih awal dari yang diperkirakan BMKG,” ucapnya.

Orang nomor satu di Balangan ini menambahkan, selama banjir sebelumnya dilakukan evakuasi warga dan anak sekolah karena ada desa yang terputus karena tergenang banjir. Maka BPBD Balangan menyiapkan perahu karet dan perahu fiber untuk menyeberangkan warga dan anak sekolah.

Kemudian dia mengimbau kepada warga Balangan untuk selalu waspada terhadap bencana banjir, selalu memperhatikan arus listrik dan waspada akan adanya hewan berbisa.

“Anak-anak jangan dibiarkan bebas berkeliaran saat musim penghujan dan banjir. Jangan sampai kasus sebelumnya terulang kembali, dimohon juga untuk memperhatikan arus listrik, hewan-hewan reptil berbisa yang dapat muncul ke permukaan agar semuanya diwaspadai,” imbaunya. (rel/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya