Iklan
Iklan
Iklan
Banjarbaru

Banjarbaru Pastikan Bangun Stadion Sepak Bola Standar FIFA

×

Banjarbaru Pastikan Bangun Stadion Sepak Bola Standar FIFA

Sebarkan artikel ini
KETERANGAN- Kepala Dinas PUPR Kota Banjarbaru, Eka Yuliesda melalui Kabid Cipta Karya, Nina Aphrodita. (KP/Devi)

Banjarbaru,KP- Kota Banjarbaru direncanakan akan membangun stadion sepak bola standar FIFA, berkapasitas 23.600 Penonton.

Hal tersebut di jelaskan oleh pemerintah Kota Banjarbaru melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Banjarbaru dalam rapat proses pelaksanaan pekerjaan Detail Engineering Design (DED), Pembangunan Stadion Olahraga Kota Banjarbaru, di Aula 1 Kantor PUPR Kota Banjarbaru, Kamis (08/12/2022).

Kepala Dinas PUPR Kota Banjarbaru, Eka Yuliesda melalui Kabid Cipta Karya, Nina Aphrodita menjelaskan, stadion sepakbola tersebut akan dibangun di Kelurahan Bangkal Kecamatan Cempaka serta mengacu standar FIFA, dan luas area 22,6 hektar, dengan kapasitas 23.600 penonton.

“Rencananya berada di Kelurahan Bangkal Kecamatan Cempaka, berada di dekat taman keanekaragaman hayati. Untuk luas keseluruhan areanya 22,6 hektar, dengan berstandar FIFA, dan mampu menampung 23.600 penonton,” ujarnya.

Nina menambahkan dalam pembahasan rencana pembangunan secara global sudah selesai. Tinggal detail-detail teknis pada pembahasan lebih lanjut dengan tim ahli.

“Secara global sudah final, mungkin detail-detail teknis lainnya memerlukan pembahasan lebih lanjut dengan tim ahli, khususnya untuk struktur bagian bawah atau mungkin bagian atas,” ungkapnya.

Untuk anggaran pembangunan Stadion ini, Nina mengatakan, pihaknya masih menunggu dan berusaha agar pembangunannya bisa berjalan baik melalui APBN, maupun kerjasama dengan investor.

Terkait Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) dan Analisis Dampak Lalu Lintas ( ANDALALIN) Stadion Sepakbola ini, dikatakan Nina, tahun depan dipastikan sudah beres.

Sementara itu, Direktur PT Byma Arsihas selaku Konsultan, Benny Dhanio menyebutkan, kemungkinan untuk pembangunan stadionnya saja, belum termasuk penerangan, bisa mencapai angka Rp 350 miliar.

Ia juga menerangkan bahwa, Stadion Sepakbola ini nantinya dipastikan tidak memiliki lintasan atletik, seperti kebanyakan Stadion di Indonesia.“Pure Stadion Sepakbola saja, tidak ada lintasan atletik,” terangnya.

Baca Juga:  Karhutla Hanguskan Lebih Dari 270 Hektar

Selain itu, Stadion Sepakbola di Kelurahan Bangkal ini direncanakan bakal memiliki 12 pintu masuk, menyesuaikan dengan kapasitas stadion yang mencapai 23.600 penonton. (Dev/K-3)

Iklan
Iklan