Dua Mantan Pejabat di Banjarbaru Diadili Korupsi Dana Hibah Rp 6,3 Miliar

Banjarmasin, KP – Dua mantan pejabat KONI Banjarbaru diadili perkara pidana korupsi dana hibah di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Banjarmasin, Selasa (17/1).

Keduanya sebelumnya duduk di pengurusan KONI Banjarbaru periode 2018-2022 yakni Daniel Itta (65) Ketua KONI , dan Bendahara, Agustina Tri Wardani (49).

Disebut, keduanya tidaklah secara langsung melakukan korupsi. Namun dugaan adanya korupsi dengan uang yang diterima masing-masing cabang olahraga (cabor) tidak bisa mempertanggung jawabkan.

Mengakibatkan kerugian keuangan. Tapi secara tidak langsung merugikan keuangan negara,.

Berita Lainnya
1 dari 1.765
loading...

Pada sidang perdana itu dipimpin Hakim Ketua,  I Gede Yuliartha oleh JPU (aksa Penuntut Umum), Andreawan Perdana Distagara, dibacakan dakwaan.

Terdakwa dalam sidang hadir secara virtual dari Lapas (Lembaga Pemasyarakatan Karang Intan dan Lapas Banjarbaru.

Keduanya didakwa melakukan korupsi dana hibah yang digelontorkan Pemko Banjarbaru pada 2018 senilai Rp 6,3 Miliar dan diduga menimbulkan kerugian mencapai Rp 658 juta.

JPU dalam dakwaannya meyakini bersalah karena melanggar Pasal 2 Ayat (1) jo Pasal 18 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999.
 
Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dan ditambah dengan Undang-Undang Nomor 20 tahun 2001 Tentang Perubahan atas Undang-undang Nomor 31 Tahun 1999 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 Ayat (1) ke-1 KUHP untuk pasal primer.

Subsidernya, keduanya didakwa melanggar Pasal 3 jo Pasal 18 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dan ditambah dengan Undang-Undang Nomor 20 tahun 2001 Tentang Perubahan atas Undang-undang Nomor 31 Tahun 1999 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 Ayat (1) ke-1 KUHP. (*/K-2)
 

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya