Iklan
Iklan
Iklan
Hulu Sungai Tengah

Bupati HST Buka Sosialisasi Minat Baca di Kecamatan Pandawan

×

Bupati HST Buka Sosialisasi Minat Baca di Kecamatan Pandawan

Sebarkan artikel ini

Barabai, KP – Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) melalui Dinas Perpustakaan Kabupaten HST gelar acara Sosialisasi Minat Baca, Untuk menumbuhkan kesadaran tentang pentingnya membaca baik pada usia anak-anak maupun dewasa, bertempat di Aula Kantor Kecamatan Pandawan, Selasa (21/03/2023).

Kegiatan ini dibuka oleh Bupati HST H Aulia Oktafiandi didampingi Ketua TP PKK yang juga Bunda Literasi, Cheri Bayuni Budjang Aulia Oktafiandi, dihadiri Kepala Dinas Perpustakaan Kab HST beserta jajaran, Camat Pandawan, Unsur Forkopimcam Pandawan, para pegiat literasi, para pengelola perpustakaan sekolah dan perpustakaan desa dan pelajar.

Plt. Kabit Perpustakaan Mujahidin
selaku panitia pelaksana acara melaporkan, kegiatan ini diisi dengan sosialisasi oleh Ketua Bunda Literasi HST, Cheri Bayuni Budjang Aulia Oktafiandi, Kepala Dinas Perpustakaan, dan Ustadz Sholihin dari Komunitas Bikers Subuhan, dengan jumlah peserta 300 orang terdiri dari Kepala desa dan perwakilan masyarakat di Kecamatan Pandawan.

Kegiatan juga diisi dengan kegiatan layanan perpustakaan keliling, membaca bersama badut, senam otak dan pemateri tim dari Dinas Perpustakaan Kab HST dengan jumlah peserta sebanyak 150 siswa dari SDN yang ada di Kecamatan Pandawan.

“Tujuan kegiatan sosialisasi minat baca ini adalah untuk meningkatkan minat baca di masyarakat serta meningkatkan nilai indeks pembangunan literasi masyarakat di Kabupaten HST,” ujarnya.

Bupati dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada Dinas Perpustakaan Kabupaten HST yang bekerja sama dengan Kecamatan Pandawan dalam menyelenggarakan acara sosialisasi minat baca masyarakat ini.

Minat baca tidak dapat tumbuh begitu saja dalam diri seseorang, melainkan melalui proses yang panjang dan tahapan perubahan yang muncul secara teratur dan berkesinambungan.

“Untuk mewujudkan masyarakat yang memiliki kegemaran membaca, maka dibutuhkan suatu upaya yang dilakukan oleh pemerintah secara terprogram, terarah, dan berkelanjutan melalui kegiatan sosialisasi agar masyarakat lebih mengerti arti pentingnya membaca,” katanya.

Baca Juga:  Bupati HST Aulia Hadiri FGD Evaluasi Perkembangan Desa

Masih banyak tantangan yang harus kita hadapi guna mewujudkan SDM yang bermutu dan kehidupan kebangsaan yang cerdas, berkarakter unggul, dan berdaya saing.

“Kegiatan Sosialisasi ini jangan hanya sebagai kegiatan seremoni semata, namun hal ini harus di dukung oleh banyak pihak seperti keluarga, stakeholder, Tim PKK, PAUD, Sekolah, serta Dinas Terkait agar sosialisasi ini tepat sasaran dan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya membaca,” tutup Bupati. (Ary/KPO-1)

Iklan
Iklan