Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
BANUA KITATanah Laut

Tala Peringkat IV Realisasi Pendapatan Daerah Tertinggi APBD Tahun 2022

×

Tala Peringkat IV Realisasi Pendapatan Daerah Tertinggi APBD Tahun 2022

Sebarkan artikel ini
PEMKAB RALA - Terima Piagam Penghargaan dari Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Sebagai Peringkat IV Realisasi Pendapatan Daerah Tertinggi APBD Tahun 2022. (KP/Ist)

Pelaihari, KP – Pemerintah Kabupaten Tanah Laut (Tala) menerima Piagam Penghargaan dari Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Sebagai Peringkat IV Realisasi Pendapatan Daerah Tertinggi APBD Tahun 2022 Kategori Kabupaten pada Ajang APBD AWARD 2023, penghargaan tersebut diserahkan oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Keuangan Daerah (Keuda) Kemendagri Agus Fatoni kepada Bupati Tala yang diwakili Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Tala Safarin M.Si di Mercure Convention Center Ancol, Jakarta pada Kamis (16/3/2023).

Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Keuangan Daerah (Keuda) Kemendagri Agus Fatoni mengatakan, APBD Award 2023 diberikan kepada kepala daerah dengan tiga kategori. Pertama, daerah dengan realisasi pendapatan tertinggi. Kedua, daerah dengan realisasi belanja tertinggi. Ketiga, daerah dengan realisasi peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) tertinggi. Masing-masing kategori penghargaan tersebut diberikan kepada lima provinsi, lima kabupaten, dan lima kota.

“Penilaian didasarkan dari perhitungan melalui laporan realisasi anggaran (LRA), kemudian dari LRA dibentuk tim yang akhirnya memutuskan masing-masing penerima penghargaan pada hari ini,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) memberikan penghargaan kepada kepala daerah dengan realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tertinggi.

Fatoni menegaskan, Kemendagri terus mendorong percepatan realisasi APBD dengan membentuk tim monitoring dan evaluasi bersama kementerian dan lembaga terkait. Kemudian Kemendagri juga melakukan monitoring dan asistensi, serta turun langsung ke daerah. Pihaknya juga melakukan rapat koordinasi baik tingkat nasional, provinsi, maupun kabupaten/kota.

Selain itu, lanjut Fatoni, Kemendagri juga menggelar webinar series setiap minggu yang bisa diikuti secara virtual dari seluruh Indonesia. Kemendagri juga berupaya meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM), serta menerbitkan dan menetapkan berbagai kebijakan dalam rangka mendorong realisasi percepatan APBD.

Baca Juga:  H Sakir Jamil Siap Bina Atlet HSU

“Berbagai upaya telah kita lakukan bersama dalam rangka percepatan realisasi APBD, kami mengucapkan terima kasih atas kerja sama yang cukup baik (bersama) K/L (kementerian/lembaga) dan juga pemerintah daerah baik provinsi maupun kabupaten/kota,” terang Fatoni.

Sebagai informasi, daftar daerah penerima penghargaan APBD Award 2023 untuk kategori Realisasi Pendapatan Daerah Tertinggi Tahun Anggaran 2022 tingkat kota di antaranya Samarinda, Banjarbaru, Bontang, Mojokerto, dan Denpasar. Kemudian tingkat kabupaten, yakni Bojonegoro, Sumbawa Barat, Kutai Kartanegara, Tanah Laut, dan Tabalong. Sedangkan di tingkat provinsi, yakni Kalimantan Timur, Kepulauan Bangka Belitung, Sulawesi Tenggara, Kalimantan Barat, dan Jawa Timur. (rzk/K-6)

Iklan
Iklan