Biddokkes Polda Kalteng Gelar Operasi Bibir Sumbing Hingga Sunatan Massal

PALANGKA RAYA, kalimantanpost.com – Memperingati puncak Hari Bhakti Bhayangkara Polri, Biddokkes Polda Kalimantan Tengah (Kalteng) menyelenggarakan berbagai kegiatan mulai dari donor darah, operasi bibir sumbing dan langit-langit, khitanan massal, pengobatan massal, vaksinasi booster, operasi katarak, pendidikan dan pendampingan masyarakat terkait stunting dan berbagai kegiatan lainnya.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi (Kalteng) Suyuti Syamsul menghadiri Bakti Kesehatan Polri di Rumah Sakit Bhayangkara TK.II Palangka Raya, Kamis (21/6/2023).

Kegiatan Polri tersebut digelar serentak di seluruh Indonesia dalam rangka Peringati Hari Bhayangkara ke-77 dan dibuka secara virtual oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Dalam arahannya, Kapolri menekankan salah satunya masalah stunting yang menjadi perhatian pemerintah, agar program stunting yang disediakan pemerintah yang menjadi kebijakan Presiden RI dapat didukung semua pihak.

Kapolri mengajak seluruh stakeholders wujudkan bonus demografi yang berkualitas. Untuk diketahui, Indonesia diperkirakan akan menghadapi era bonus demografi beberapa tahun ke depan, tepatnya pada tahun 2030 hingga 2040 mendatang.

Dikemukakan, bonus demografi yang dimaksud adalah masa di mana penduduk usia produktif (15-64 tahun) akan lebih besar dibanding usia nonproduktif (65 tahun ke atas) dengan proporsi lebih dari 60 persen dari total jumlah penduduk Indonesia. Momentum tersebut tentu saja harus dihadapi dengan perencanaan yang matang.

Berita Lainnya
1 dari 2,436

Sementara itu, Kapusdokkes Polri, Irjen Pol. dr Asep Hendradiana secara virtual mengatakan dalam rangka Hari Bhayangkara ke-77 ini, jajaran biddokkes di wilayah pusat dan daerah menyelenggarakan layanan kesehatan kepada masyarakat dengan menyelenggarakan Bhakti Kesehatan mulai 1 sampak 30 Juni.

Puncak Bhakti Kesehatan, Kamis (22/6) diselenggarakan serentak dipusatkan di Polda Jatim yang diikuti oleh seluruh Polda se-Indonesia dengan menyelenggarakan berbagai kegiatan mulai dari donor darah, operasi bibir sumbing dan langit-langit, khitanan massal, pengobatan massal, vaksinasi booster, operasi katarak, pendidikan dan pendampingan masyarakat terkait stunting serta masih banyak kegiatan lainnya.

Kepala Rumah Sakit (Karumkit) Bhayangkara TK. III Palangka Raya Kompol dr Anton Sudarto mengatakan peserta Operasi Celah bibir & lelangit yang dilaksanakan di Rumah Sakit Bhayangkara Tk. III Palangka Raya ditargetkan berjumlah 8 orang dan peserta khitanan massal berjumlah 77 orang.

“Bhakti Kesehatan ini merupakan ucapan terima kasih Polri kepada masyarakat. Diharapkan pelayanan kesehatan ini dapat dirasakan masyarakat dan tentunya dapat memberikan rasa kepercayaan masyarakat kepada institusi Polri,” tandasnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kalteng Suyuti Syamsul usai menghadiri Bhakti Kesehatan menyatakan Pemerintah Kalteng menyambut baik upaya-upaya untuk terus memberikan pelayanan ke masyarakat dan meningkatkan kesejahteraan derajat kesehatan masyarakat.

“Salah satu indikator derajat kesehatan adalah menurunnya angka kesakitan yang nantinya akan berdampak pada meningkatnya usia harapan hidup. Kita sangat mengapresiasi apa yang dilakukan oleh Kepolisian Republik Indonesia,” sebutnya.

Hadir diacara tersebut diantaranya Kapolda Kalteng Irjen Pol Nanang Avianto beserta Isteri dan Danrem 102/PJG Brigjen TNI Bayu Permana.(Drt/KPO-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya