Iklan
Iklan
Iklan
EKONOMI

Klinik Bisnis Bina UMKM di Barito Utara, Dorong Pertumbuhan Ekonomi Daerah

×

Klinik Bisnis Bina UMKM di Barito Utara, Dorong Pertumbuhan Ekonomi Daerah

Sebarkan artikel ini

Muara Teweh, KP – Setelah Murung Raya, Klinik Bisnis melanjutkan perjalanan safari UMKM Kelompok Hebat 26 (KH 26) ke wilayah Muara Teweh, Kabupaten Barito Utara.

Dilaksanakan Senin, 5 Juni 2023 bertempat di Istana Lombok, Kelurahan Lanjas, Kecamatan Teweh Tengah. Kehadiran Klinik Bisnis disambut sangat baik oleh masyarakat setempat, terkhusus para penggiat UMKM yang turut berhadir untuk ikut serta dalam kegiatan KH 26.

Android

Program Kelompok Hebat 26 (KH 26) sendiri merupakan salah satu program unggulan Klinik Bisnis yang bertujuan untuk membantu para pelaku UMKM daerah, memberikan dukungan menghadapi tantangan global, serta mendorong pertumbuhan ekonomi daerah.

Melalui KH 26 Klinik Bisnis berkeliling ke seluruh kabupaten se-Kalimantan Tengah, guna melihat langsung kondisi para pelaku UMKM tersebut.

Kegiatan kunjungan dan pembinaan UMKM di Barito Utara yang baru saja dilaksanakan ini melibatkan peserta dari berbagai sektor, baik olahan makanan, kerajinan, dan lainnya.

Para pelaku UMKM tersebut berkesempatan mengikuti rangkaian acara dan terlibat aktif untuk sharing seputar usaha maupun diskusi terkait permasalahan dalam usahanya.

Tak jauh berbeda dari kegiatan di wilayah sebelumnya, kali ini Asary selaku koordinator Klinik Bisnis memberikan mentoring kepada para pelaku UMKM dan menekankan pentingnya branding marketing serta manajemen keuangan dalam menjalankan usaha.

“KH 26 ini program yang ditujukan untuk melihat kondisi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang ada di daerah. Untuk itu sudah menjadi kewajiban kami menyampaikan bahwa dalam menjalankan usaha, ada banyak aspek yang perlu menjadi perhatian. Diantaranya bagaimana kita menjalankan strategi branding dan marketing dalam pemasaran produk, serta tak kalah penting terkait pengelolaan keuangan termasuk bagaimana pembukuan keuangan usaha,” jelas Asary.

Baca Juga:  Tim 9 Lakukan Penjurian PARITRANA AWARD 2023 terhadap Pemda dan Perusahaan di Kalsel

Selain pembinaan kemarin, Klinik Bisnis juga berkomitmen untuk mendukung dan melakukan pembinaan lebih lanjut untuk memfollow-up perkembangan usaha mitra UMKM program KH 26 ini.

“Dengan terselenggaranya kegiatan pembinaan UMKM di Muara Teweh Barito Utara ini, kami berharap dapat mendorong pertumbuhan ekonomi daerah, sebagai tindak lanjut kami akan kawal terus perkembangan usaha teman-teman UMKM ini dan tetap melakukan pembinaan ke depannya,” tutup Asary.

KH 26 di Barito Utara mendapat tanggapan yang baik dari pelaku UMKM yang hadir dan mengikuti kegiatan tersebut.

“Alhamdulillah, acaranya keren, banyak ilmu yang bisa diambil. Kegiatan ini sangat positif dan membawa semangat serta harapan baru bagi kami pelaku UMKM untuk menjadi lebih baik ke depan. Dengan adanya bimbingan dan support dari Klinik Bisnis, harapannya usaha kami dapat lebih baik dan meningkat setalah ini,” ungkap Jumi, salah satu pelaku usaha.(Opq/KPO-1)

Iklan
Iklan