Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
HEADLINE

Kalsel Ekspo Bakal Hadirkan Peserta Luar Negeri

×

Kalsel Ekspo Bakal Hadirkan Peserta Luar Negeri

Sebarkan artikel ini

Banjarbaru, KP – Pemprov Kalsel kembali menggelar kegiatan pameran bertajuk Kalsel Expo 20223.

Kegiatan dipusatkan di Lapangan Murjani, Banjarbaru, tersebut berlangsung sejak 30 Agustu hingga 3 September 2023.

Pada kegiatan dalam rangka Hari Jadi ke 73 Provinsi Kalsel mengikutsertakan 250 peserta.

Yang menarik tidak seperti tahun sebelumnya hanya diikuti peserta dalam daerah, kali ini juga menghadirkan peserta dari lua negeri.

“Peserta dari Netherland, Belanda difasilitasi oleh Kementerian Perdagangan RI.

Peserta merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang desinfektan atau sanitasi makanan, cara mensterilkan makanan untuk keperluan ekspor dan sebagainya,” jelas Plt Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Kalsel, Nurul Fajar Desira.

Fajar menyebutkan, tujuan Kalsel Expo selain menaikan produk unggulan kearifan lokal juga untuk membantu UMKM membuka jaringan pasar nasional dan global, memberikan coaching clinic untuk packaging produk lokal, narasumber dari Kemendag/Praktisi produk ekspor, serta Workshop Kewirausahaan UMKM Naik Kelas.

“UKM yang mengikuti Kalsel Expo tahun ini akan dikurasi oleh Tim Kemendag dan akan dibawa mengikuti TEI Trade Expo Indonesia pada Oktober 2023 mendatang sebagai implementasi kelanjutan dari hasil UMKM yang terpilih untuk masuk ke Pasar Nasional dan Internasional,” ujar Fajar.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kalsel, Gusti Yanuar Noor Rifai, berharap momentum ini dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk melihat perkembangan dan pertumbuhan perekonomian masyarakat atau Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Banua.

“Kami berharap ada inovasi baru produk yang ditampilkan bagi UMKM, setelah dibina baik dari pemerintah maupun swasta, untuk bisa bersaing di tingkat daerah, nasional maupun internasional,” ujarnya.

Ia menyatakan UMK binaan yang telah mengikuti pelatihan dan Kalsel Expo tahun ini diharapkan pula dapat menampilkan produksinya, sehingga bisa menjadi inspirasi bagi pelaku UMKM pemula dan lainnya.

Baca Juga:  Komisi I Monitoring Tes CPNS

“Semoga UMKM yang ada dapat bersaing dengan sudah memiliki kemasan, label halal dan sudah online, di samping itu juga semoga uang yang didapat dari expo tahun ini lebih banyak lagi dari tahun lalu,” harap Yanuar. (mns/K-2)

Iklan
Iklan