Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
HEADLINE

Sosialisasikan
Geopark Meratus
di Desa Belangian

×

Sosialisasikan<br>Geopark Meratus<br>di Desa Belangian

Sebarkan artikel ini

Banjarmasin, KP – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Pemprov Kalsel) terus mensosialisasikan keberadaan Geopark Pegunungan Meratus Nasional ke masyarakat, utamanya di sekitaran desa yang ada situsnya.

Pemprov melalui Dinas Pariwisata Provinsi Kalsel melakukan sosialisasi Geopark Meratus yang diusulkan menjadi UNESCO Global Geopark (UGG) tersebut, di antaranya di salah satu geosite Geopark Meratus di Desa Wisata Belangian, Kecamatan Aranio, Kabupaten Banjar, Rabu (25/10).

Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Dinas Pariwisata Provinsi Kalsel Mugeni, di Banjarmasin, Rabu, menjelaskan kegiatan sosialisasi bertema “Pengembangan sadar wisata dan potensi masyarakat destinasi wisata di sekitar geosite Geopark Meratus”.

Mugeni menyebutkan, melalui sosialisasi tersebut pihaknya ingin meningkatkan pemahaman masyarakat sekitar geosite terhadap penilaian yang sedang dilakukan UNESCO Global Geopark pada Geopark (Taman Bumi) Pegunungan Meratus yang sudah ditetapkan menjadi Geopark Nasional pada 2018.

“Situs geopark menjadi bagian pariwisata Kalsel hingga harus terus ditingkatkan sadar wisata bagi masyarakat di sekitar destinasi objek wisata yang memiliki sejarah geologi tersebut,” kata Mugeni.

Mugeni menambahkan, peran serta masyarakat dan kelompok sadar wisata (pokdarwis) ini sangatlah penting agar Geopark Meratus yang terbentuk susunan kerak samudra yang disebut ophiolite, yang terangkat ke permukaan sejak 200-150 juta tahun lalu bisa diakui sebagai UGG.

Mengingat Geopark Maratus yang memiliki 54 situs tersebut merupakan salah satu destinasi wisata yang berbasis masyarakat, sebagiannya di wilayah Kabupaten Banjar tersebut.

Peran serta masyarakat dan Pokdarwis sangatlah penting, karenanya kita berharap mereka dapat menjaga kelestarian alam dan budaya yang ada di geosite tersebut, ujar Mugeni.

Dengan meningkatnya pemahaman masyarakat terhadap Geopark Meratus dan UGG, diharapkan dapat meningkatkan pula persentase Geopark Meratus masuk dalam jajaran UNESCO Global Geoparks (UGG).

Baca Juga:  Sederhana dan Bersahaja

“Semoga dalam penilaian yang dilakukan oleh UNESCO tahun depan Geopark Meratus mendapatkan hasil yang baik dan bisa masuk dalam jajaran UNESCO Global Geopark, kata Mugeni.

Kepala Desa Belangian, Kabupaten Banjar Aunul Khoir mengapresiasi sosialisasi yang diberikan oleh Dinas Pariwisata Provinsi Kalsel bersama stakeholder terkait.

Aunul menuturkan, sebagai salah satu geosite dari Geopark Meratus, Desa Belangian memiliki sejumlah potensi wisata menarik baik itu alam, kuliner dan budayanya.

Dari aspek alam, kita punya air terjun Kahung dan pohon besar yang memiliki diameter 3 meter.

Kita juga punya kuliner khas, klepon gunung yang tentunya beda dengan kue klepon pada umumnya, kata Aunul.

Selain itu, warga Desa Belangian juga dikenal dengan keramahtamahannya, budaya inilah yang harus dijaga bersama sebagai salah daya tarik wisata.

Mari kita kembangkan bersama potensi pariwisata yang ada di desa kita.

Dan saya yakin Desa Wisata Belangian bisa maju,” demikian Aunul. (ant/K-2)

Iklan
Iklan