Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
HEADLINE

Kejagung Tugaskan Paris Manual Tangani Kasus Koh Silas

×

Kejagung Tugaskan Paris Manual Tangani Kasus Koh Silas

Sebarkan artikel ini

Banjarmasin Kalimantanpost.com – Kejaksaan Agung RI, menunjuk atau menugaskan jaksanya yang salah satunya terdapat nama Paris Manual.

Jaksa satu ini cukup dikenal publik, setelah turut menangani kasus-kasus besar beberapa waktu lalu.

Dalam konferensi pers, Paris sempat menjawab pertanyaan, awak media soal Tindak Pidana Pencurian Uang (TPPU) engan tersangka Lian Silas.

Mengingat penyidikan kasus dilakukan tanpa adanya tindak pidana asal (TPA), secara singkat dijelaskan Paris, bahwa penyidik TTPU tentu dapat dilakukan meskipun tanpa ada TPA.

Alasannya, karena sudah terlihat jelas aliran-aliran dana hasil narkotika Miming yang kemudian disamarkan dalam bentuk benda berharga, seperti hotel, tanah, maupun uang.

Kemudian yang menguatkan lagi mengapa Silas menjadi tersangka TTPU, karena dari hasil penyidikan terungkap adanya sejumlah transaksi narkotika dari dalam Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) yang dananya mengalir ke rekening Silas.

“Untuk lebih jelasnya bisa disaksikan di persidangan. Di situ akan jelas dan terang,” ungkapnya.

Diketahui, Kejaksaan Negeri (Kejari) Banjarmasin menerima penyerahan barang bukti dan tersangka (tahap II), setelah proses penyidik Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri, pada Rabu (8/11).

Dalan penanganan hingga proses persidangan, tak hanya Jaksa dari Kejari Banjarmasin maupun Kejati Kalsel.

Lian Silas merupakan ayah dari gembong narkotika internasional yang tengah diburu Kepolisian Dunia yakni Fredy Pratama alias Miming.

Ayah Miming, dijerat pasal berlapis. Yakni, Pasal 3,4,5 dan Pasal 10 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU).

Kemudian, Pasal 137 huruf a dan b UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika juncto Pasal 55 Ayat 1 KUHP. (K-2)

Iklan
Baca Juga:  Kemenag Perpanjang Pendaftaran Seleksi Beasiswa S1, S2 dan S3 Dalam dan Luar Negeri
Iklan