Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
KALTENGPalangka Raya

Wagub Edy Pratowo Buka Rakor Dana Bagi Hasil Sawit Tahun 2023

×

Wagub Edy Pratowo Buka Rakor Dana Bagi Hasil Sawit Tahun 2023

Sebarkan artikel ini
Suasana Rakor DBH Sawit. (kp/ist)

Palangka Raya, KalimantanPost.com – Wakil Gubernur (Wagub) Kalteng H. Edy Pratowo buka Rapat Koordinasi (Rakor) Dana Bagi Hasil (DBH) Sawit Tahun 2023, yang dilaksanakan di Palangka Raya, Jumat (17/11).

Wagub Edy Pratowo mengatakan DBH Sawit adalah bagian dari Transfer Ke daerah (TKD) yang dialokasikan berdasarkan persentase atas pendapatan dari bea keluar dan pungutan ekspor atas kelapa sawit, minyak kelapa sawit mentah, dan/atau produk turunannya.

“Dengan adanya alokasi DBH Sawit ini maka saya berharap kepada OPD baik provinsi maupun kabupaten/kota untuk merencanakan dan melaksanakannya sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” ujarnya.

Wagub juga berharap kegiatan DBH Sawit itu dapat membantu masyarakat dalam pendataan dan pemetaan lahan sawitnya.

“Terutama lahan masyarakat yang masih terindikasi dalam kawasan hutan terpetakan untuk bahan penyelesaiannya, serta dengan memberikan perlindungan jaminan Sosial Ketenagakerjaan kepada Pekerja atau Petani di sekitar wilayah perkebunan,” imbuhnya.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Perkebunan Kalteng Rizky R Badjuri mengemukakan, dana bagi hasil (DBH) sawit terdiri dari 80% infrastruktur dan 20% kegiatan lainnya. “Kegiatan hari ini diisi dengan menyusun Rencana Kegiatan Penganggaran (RKP),” jelasnya.

Kegiatan dihadirkan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kalteng Farid Wajdi, Kepala Kantor Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Kalteng Erfan Kurniawan, dan Kepala Perangkat Daerah Kabupaten/Kota terkait.

Dipercaya dan hadir sebagai narasumber dari Direktorat Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian RI Ardi Praptono (daring) dan Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan RI yang diwakili Direktorat Dana Transfer Umum Fajar Fadli. (drt)/k-10.

Iklan
Baca Juga:  Mengisi Pembangunan Membutuhkan Peran dan Dukungan Pemuda
Iklan