PMI Kalsel Beri Penghargaan Kepada 300 Orang Donor Darah Sukarela (DDS)

BANJARMASIN, Kalimantanpost.com – Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) memberikan penghargaan kepada sekitar 300 orang donor darah sukarela (DDS) yang telah menyumbangkan darahnya sebanyak 50 sampai 75 kali yang berasal dari kabupaten/kota, Kamis (15/12/2023) malam.

Penghargaan diberikan oleh Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Sulkan, didampingi Ketua PMI Kalsel, Gusti Iskandar Sukma Alamsyah dan Anggota Dewan Kehormatan PMI Kalsel, Nurul Fajar Desira.

Dalam sambutan Gubernur Kalsel yang dibacakan oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Sulkan, mengucapkan terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada pahlawan tanpa tanda jasa yang dengan sukarela telah berbagi kehidupan melalui tindakan mulianya yakni Donor Darah Sukarela.

“Mudah-mudahan dengan diberikannya penghargaan ini dapat menjadi motivasi bagi masyarakat lain, khususnya generasi muda untuk ikut melakukan donor darah secara rutin ke depannya,” jelasnya.

Sebagaimana diketahui, lanjut Gubernur yang akrab disapa Paman Birin ini, PMI Kalsel telah menjadi garda terdepan dalam menyelenggarakan kegiatan kemanusiaan, terutama dalam bidang donor darah selama ini.

“Maka dari itu, hari ini, kita berkumpul disini untuk memberikan penghargaan kepada para pendonor darah sukarela yang telah mengukir prestasi yang luar biasa dengan mencapai 50 dan 75 kali DDS,” terangnya.

Menurut Paman Birin, angka ini bukan hanya sekedar angka. Tetapi cermin ketulusan hati, kegigihan dan kepedulian mereka terhadap orang-orang di sekitar mereka yang membutuhkan bantuan.

Berita Lainnya

Gunung Gamalama Alami 14 Kali Gempa Vulkanik

1 dari 3,073

“Mereka adalah pilar utama dalam menjaga stok darah di PMI yang menjadi nyawa bagi ribuan pasien yang membutuhkan transfusi darah setiap harinya,” tuturnya.

Dalam momentum yang berharga ini, Paman Birin mengajak kepada seluruh masyarakat untuk introspeksi diri akan pentingnya kepedulian terhadap sesama dan bagaimana tindakan sederhana seperti donor darah dapat memiliki dampak yang begitu besar dalam menyelamatkan nyawa. Ia juga menegaskan Pemprov Kalsel akan terus berkomitmen untuk mendukung dan memperkuat program-program kemanusiaan seperti ini.

“Semoga kegiatan donor darah terus berkembang dan semakin banyak orang yang sadar akan pentingnya berbagi kepada sesama melalui donor darah,” harapnya.

Hal senada juga disampaikan Ketua PMI Kalsel, Gusti Iskandar Sukma Alamsyah. Ia mengimbau agar semakin banyak masyarakat menjadi DDS sehingga jika suatu saat membutuhkan darah, PMI sudah memiliki daftar DDS dengan name by adress.

“Alhamdulillah, hingga saat ini, hampir tiga ribu orang DDS di seluruh Kalsel. Jadi kalau interval itu per triwulan sekali, berarti kan tiga ribu orang per triwulan itu bisa menyumbangkan darahnya,” ungkapnya.

Disamping itu, lanjut Gusti Iskandar, PMI Kalsel juga bekerjasama dengan berbagai pihak, seperti perkantoran, dunia usaha, dan lain-lain, untuk melaksanakan kegiatan donor darah.

“Mudah-mudahan di tahun-tahun mendatang, kita akan selalu upgrade. Jadi database kita perbaiki sehingga jumlah DDS makin bertambah,” harapnya.

Penghargaan untuk DDS 50 sampai 75 kali diberikan oleh Provinsi PMI, sedangkan untuk DDS yang telah mencapai 100 kali penghargaan diberikan oleh Presiden Republik Indonesia. (lia/KPO-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya