Juara Bertahan Qatar ke Perempatfinal, Jordania Menang Dramatis di Piala Asia

QATAR, Kalimantanpost.com
Juara bertahan sekaligus tuan rumah Qatar melenggang ke perempatfinal Piala Asia 2023 usai menumbangkan Palestina 2-1 di babak 16 besar di Al Bayt Stadium pada Senin (29/1/2024) malam WIB.

Gol tim tuan rumah dicetak oleh Hassan Al-Haydos dan Akram Afif. Sementara gol Palestina dipersembahkan Oday Dabbagh.

Pertandingan berlangsung cukup alot, dengan Qatar kesulitan menunjukkan penampilan terbaik mereka.

Palestina berhasil unggul lebih dulu pada menit ke-37. Bermula dari Oday Dabbagh, yang berhasil mencuri operan pemain lawan tak jauh dari kotak penalti.

Ia kemudian masuk ke kotak penalti meski diadang pemain lawan sebelum melepas tembakan kaki kiri yang akurat ke sisi kiri gawang tanpa bisa dibendung Barsham.

Namun tak lama kemudian, Qatar akhirnya bisa menyamakan skor. Pada menit 45+6, gawang Palestina dijebol Hassan Al-Haydos. Lewat skema sepak pojok, Al-Haydos sukses menyambut operan datar Akram Afif dengan sepakan kaki kanan di tengah kotak penalti. Babak pertama berakhir dengan imbang 1-1.

Di babak kedua, Qatar langsung tampil agresif dan terus membombardir pertahanan Palestina. Mereka mendapat hadiah penalti pada menit ke-47.

Bek Palestina, Mohammed Salah melanggar satu pemain Qatar. Eksekusi penalti kemudian dilakukan dengan sempurna oleh Akram Afif pada menit ke-49 untuk mengubah skor menjadi 2-1.

Setelah itu Palestina menaikkan tempo permainan demi mencari gol balasan pada Qatar.

Namun, Qatar bisa mempertahankan keunggulan mereka dan Palestina kalah dengan skor tipis 2-1.

Pada babak perempat final, Qatar akan menghadapi pemenang laga antara Thailand lawan Uzbekistan yang berlangsung di Al Janoub Stadium Park pada Selasa malam pukul 18.30 WIB.

Sementara Jordania secara dramatis melangkah ke babak perempat final Piala Asia 2023 Qatar setelah meraih kemenangan 3-2 atas Irak di Stadion Internasional Khalifa, Al-Rayyan, Qatar, Senin.

Pada laga itu, tiga gol Jordania dicetak oleh Yazan Al-Naimat (45+1’), Yazan Alarab (90+5’), dan Nizar Mahmoud (90+7’), sedangkan dua gol Irak dicetak oleh Saad Natiq (68’) dan Aymen Hussein (78’).

Berita Lainnya
1 dari 25

Kedua tim sama-sama memulai laga dengan tempo cepat. Dalam 45 menit pertama, The Chivalrous, julukan Jordania, lebih menguasai jalannya laga dengan serangan-serangan yang merepotkan lini pertahanan Irak.

Pada menit ke-17, Jordania mempunyai peluang emas. Ali Olwan mendapatkan bola muntah hasil clearance kiper Jalal Hassan yang kurang sempurna. Namun, tendangan pemain bernomor punggung 9 itu ke gawang yang sudah kosong masih menyamping.

Dua menit setelahnya, Olwan kembali mengancam. Kali ini kerja samanya dengan Yazan Al-Naimat membuahkan peluang berbahaya dimana ia melesatkan tendangan keras. Bukan menyamping, kali ini tendangannya bisa ditepis Hassan.

Memasuki menit ke-26, lagi dan lagi Hassan menjadi momok bagi Olwan yang kembali gagal mengeksekusi peluang emas dimana ia tinggal berhadapan satu lawan satu dengan kiper Singa Mesopotamia tersebut.

Pada menit ke-35, Jordania hampir kebobolan andai sang kiper Yazees Abulaila tidak melakukan penyelamatan gemilang dari tendangan jarak jauh Ibrahim Bayesh.

Pada laga yang memasuki menit-menit kritis, Jordania akhirnya membuka keunggulan setelah Yazan Al-Naimat yang lolos dari penjagaan bek Irak mengeksekusi tendangan dengan baik yang gagal diamankan Hassan. Skor 1-0 untuk Jordania menutup 45 menit pertama.

Irak lalu mengambil alih permainan babak kedua setelah tertinggal 0-1. Ahmed Al-Hajjaj memulai ancaman Irak dengan umpan crossing-nya yang hampir berbuah gol pada menit ke-48. Tujuh menit setelahnya gantian Hussein Ali yang memberikan ancaman melalui tendangan kaki kanannya yang masih diselamatkan oleh Yazees Abulaila.

Serangan-serangan pasukan Jesus Casas akhirnya berbuah pada menit ke-68 dimana berawal dari sepak pojok, bek jangkung Saad Natiq berhasil menanduk bola yang memperdaya Yazees. Skor menjadi imbang 1-1.

Irak kemudian bermain semakin percaya diri. Pada menit ke-75, giliran strikernya Aymen Hussein yang mencatatkan namanya ke papan skor untuk membalikkan keadaan menjadi 2-1 setelah tendangan kerasnya membuat Yazees memungut bola dari gawangnya untuk kedua kali.

Petaka bagi Irak karena setelah gol itu, mereka bermain dengan sepuluh pemain seusai pencetak gol Hussein mendapatkan kartu kuning kedua bagi sang striker. Keunggulan pemain pun dimanfaatkan dengan baik oleh Jordania. Pasukan Houcine Ammouta itu mengakhiri laga dengan kemenangan dramatis setelah Yazan Alarab (90+5’) dan Nizar Mahmoud (90+7’) mencetak gol pada menit-menit akhir.

Dengan kemenangan ini, Jordania melaju ke babak perempat final untuk kemudian menantang tim debutan Tajikistan pada Jumat (2/2) pukul 18.30 WIB di Stadion Ahmed bin Ali, Al Rayyan, Qatar. Sementara itu, Irak yang melaju dengan sempurna di Grup D harus rela mengubur mimpinya untuk melaju lebih jauh di Piala Asia 2023. (Ant/KPO-3)

Hasil Pertandingan 16 Besar
Senin (29/1/2024) malam

  • Irak vs Jordania 2-3
  • Qatar vs Palestina 2-1
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya