Iklan
Iklan
Iklan
ADVETORIALBanjarmasinLensa BanjarmasinTRI BANJAR

Manfaatkan Momentum Bulan Ramadhan, Wali Kota Ajak ASN Aktif Berzakat

×

Manfaatkan Momentum Bulan Ramadhan, Wali Kota Ajak ASN Aktif Berzakat

Sebarkan artikel ini
SERAHKAN ZAKAT- Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina saat menyerahkan zakat yang dihimpun pada bulan Ramadan.

Banjarmasin, KP – Pemerintah Kota Banjarmasin melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) kota Banjarmasin melaksanakan kegiatan Keteladan Berzakat Kepala Daerah beserta jajaran ASN Pemko Banjarmasin, yang berlangsung di Aula Kayuh Baimbai. Rabu (20/03/24).

Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina mengatakan bulan suci Ramadan sebagai kesempatan yang tepat untuk memenuhi kewajiban zakat, infaq, dan sedekah.

Android

Ia menyoroti pentingnya keteladanan semua SKPD dalam upaya ini, mulai dari pimpinan hingga tingkat terendah.

“Ini adalah momen yang paling tepat selama bulan suci Ramadan bagi kita untuk menunaikan kewajiban zakat, infaq, dan sedekah. Kami sudah melibatkan seluruh pimpinan SKPD, mendorong mereka untuk memastikan partisipasi hingga ke tingkat akar rumput,” ujar Ibnu Sina.

“Mereka yang pendapatannya melebihi nisab 6,8 juta rupiah wajib membayar 2,5% untuk zakat profesi mereka, yang berjumlah 171.000 rupiah,” ungkapnya.

Sementara, pengumpulan zakat untuk Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) kota dari tahun sebelumnya, mengalami kenaikan dari 1,3 menjadi 2,2 M sejak tahun 2022.

“Kami menetapkan target ambisius untuk mencapai 5 hingga 6 M tahun ini, berharap untuk mengoptimalkan kontribusi zakat secara penuh,” harapnya.

Ia menekankan kejelasan hukum dan agama seputar kewajiban zakat, mengutip panduan yang diberikan oleh MUI (Majelis Ulama Indonesia) dan undang-undang zakat yang terintegrasi dalam peraturan daerah.

“Kegiatan zakat ini tidak hanya mempromosikan produktivitas tetapi juga melayani berbagai kebutuhan masyarakat, mendorong kesejahteraan dan pembangunan komunitas,” ucapnya.

“Ini juga komitmen Banjarmasin untuk memanfaatkan musim Ramadan untuk meningkatkan kontribusi zakat, mencerminkan upaya bersama menuju kemajuan sosial ekonomi dan kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya. (mar/K-3)

Iklan
Baca Juga:  Dewan dan Pemko Sepakati APBD Perubahan 2022Pendapatan 2023 Ditarget 1 Triliun 804 Miliar
Iklan