Iklan
Iklan
Iklan
KALTENGPalangka Raya

Ukur Indek Demokrasi Indonesia IDI Kalteng, Kesbangpol Gelar FGD

×

Ukur Indek Demokrasi Indonesia IDI Kalteng, Kesbangpol Gelar FGD

Sebarkan artikel ini
Kesbangpol Kalteng bekerja sama dengan Badan Pusat Statistik Provinsi Kalteng menggelar kegiatan Forum Group Discussion (FGD) Indeks Demokrasi Indonesia (IDI) Provinsi Kalteng bertempat di Aula kantor setempat, Rabu (20/3/2024). (Kalimantanpost.com/drt)

PALANGKA RAYA,
Kalimantanpst.com – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kalimantan Tengah (Kalteng) bekerja sama dengan Badan Pusat Statistik Provinsi Kalteng menggelar kegiatan Forum Group Discussion (FGD) Indeks Demokrasi Indonesia (IDI) Provinsi Kalteng bertempat di Aula kantor setempat, Rabu (20/3/2024).

Peserta yang mengikuti kegiatan ini berasal dari TNI, Polri, perangkat daerah Kalteng, Plpengurus Partai Politik, pengurus Organisasi Kemasyarakatan, akademisi, serta insan Pers.

Android

Kepala Badan Kesbangpol Kalteng yang diwakili Kepala Bidang Politik Dalam Negeri Mulyo Suharto menjelaskan, Indeks Demokrasi Indonesia (IDI) adalah alat ukur kuantitatif yang digunakan untuk mengevaluasi sejauh mana perkembangan dan penerapan demokrasi di Provinsi.

Diungkapkannya, manfaat akademis IDI dapat menunjukkan tingkat perkembangan demokrasi di setiap Provinsi di Indonesia. Bagi pembangunan politik pada tingkat provinsi, data Indeks Demokrasi Indonesia mampu menunjukkan aspek, variabel, maupun indikator yang berkembang atau tidak di suatu provinsi.

“Sehingga dapat diketahui hal-hal yang perlu dilakukan untuk meningkatkan perkembangan demokrasi di Provinsi,” ujarnya.

Disebutkan, dengan adanya kegiatan FGD ini akan dapat diperoleh informasi secara langsung, konfirmasi berita/dokumen dan lain sebagainya.

“Hal ini dilakukan untuk menganalisa, menggali informasi sehingga diperoleh data atau informasi yang aktual dan dapat dipertanggungjawabkan untuk data penilaian IDI di Provinsi Kalteng Tahun 2023,” imbuhnya.

Kepala Badan Pusat Statistik Provinsi Kalteng yang diwakili Kepala Bagian Tata Usaha Maria Wahyu Utami menjelaskan, kegiatan FGD IDI tersebut merupakan lanjutan dari rangkaian kegiatan Penyusunan Indeks Demokrasi Indonesia, yang dimulai dengan pengumpulan data dari hasil review surat kabar, review dokumen, dilanjutkan workshop fasilitator, dan pengolahan data.

Dikatakannya Badan Pusat Statistik Kalteng selalu berkomitmen untuk mendukung penuh penyelenggaraan FGD Indeks Demokrasi Indonesia, sehingga nantinya penilaian Indeks Demokrasi Indonesia di Provinsi Kalimantan Tengah untuk tahun 2023 dapat dilaksanakan dan mendapatkan hasil yang lebih baik dari sebelumnya.

Baca Juga:  Pelaku Teror Bom di Masjid Seruyan Ahli Merakit Alat Elektronik

Sebagai informasi, peserta FGD diberikan penjelasan umum mengenai bagaimana proses penyusunan Indeks Demokrasi Indonesia.

Agenda dilanjutkan dengan penyampaian hasil review surat kabar dan dokumen yang telah dilakukan oleh tim enumerator dari BPS, untuk kemudian diinput koreksi maupun tambahan informasi/data dari seluruh peserta. Sehingga dengan demikian data yang dihasilkan diharapkan sudah dievaluasi dan dikonfirmasi kepada seluruh peserta FGD.

Kegiatan dihadiri antara lain Sekretaris Badan Kesbangpol Kalteng Fajar Sriningsih, Kepala Bidang Ketahanan Ekonomi, Sosial, Budaya, Agama dan Ormas Nova Vera Lina, Analis Kebijakan Ahli Muda Bidang Poldagri Cenarung beserta jajaran Badan Kesbangpol Kalteng dan Badan Pusat Statistik Provinsi Kalteng. (drt/KPO-3)

Iklan
Iklan