Iklan
Iklan
Iklan
BanjarmasinTRI BANJAR

Demokrat dan PKB Buka Pendaftaran Bacalon Walikota dan Wakil Walikota

×

Demokrat dan PKB Buka Pendaftaran Bacalon Walikota dan Wakil Walikota

Sebarkan artikel ini

DPC PKB Banjarmasin membuka pendaftaran bacalon walikota dan wakil walikota mulai 24 April lalu dan akan ditutup akhir Mei dan Demokrat 1 April lalu dan akan ditutup 20 Mei 2024

BANJARMASIN, KP – Jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Banjarmasin 2024, mesin politik sudah mulai menghangat. Partai Politik (Parpol) sudah membuka pendaftaran untuk untuk menjaring bakal calon (bacalon) Walikota dan Wakil Walikota Kota Banjarmasin.

Adapun parpol yang sudah membuka pendaftaran adalah Partai Demokrat dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Partai bergambar bintang mercy besutan Soesilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini membuka pendaftaran bacalon walikota dan wakil walikota sejak 1 April lalu dan akan ditutup 20 Mei 2024.

“Dibukanya pendaftaran bacalon walikota dan wakil walikota sesuai arahan DPP Partai Demokrat. Pendaftaran tidak hanya bagi kader Partai Demokrat tapi terbuka untuk umum,” kata Ketua DPC Partai Demokrat Kota Banjarmasin,Eddy Junaidi dihubungi {KP} Minggu (28/4/2024).

Dijelaskan, setelah bacalon mendaftar dilakukan seleksi diantaranya hasil survei elektabilitas. Menurutnya, setelah penjaringan di tingkat DPC Bakan calon diajukan ke tingkat DPD kemudian ke DPP Partai Demokrat.

“ Keputusan akhir penetapan bakal calon walikota dan wakil walikota diputuskan DPP Partai Demokrat,” ujarnya.

Dijelaskan, peserta yang mendaftar akan akan mengikuti fit and proper test untuk memastikan kualitas bacalon walikota dan wakil walikota yang nantinya akan diusulkan Partai Demokrat dalam Pilkada.

Sementara Dewan Pimpinan Cabang Partai Kebangkitan Bangsa (DPC PKB) Kota Banjarmasin membuka pendaftaran bacalon walikota dan wakil walikota mulai tanggal 24 April lalu dan akan ditutup Mei bulan depan.

Ketua DPC Kota Banjarmasin, Hilyah Aulia mengatakan, pendaftaran bisa dilakukan secara langsung dengan mendatangi kantor PKB Banjarmasin. Atau bisa juga dengan cara online melalui situs www.sicakada.pkb.id.

Baca Juga:  Guna Tingkatkan PAD, Fasum Tak Lagi Gratis

“Batas pendaftaran hingga bulan Mei mendatang,” kata Hilyah Aulia yang juga Ketua Komisi III DPRD Kota Banjarmasin.

Ia menjelaskan, pendaftaran terbuka tidak terbatas kader,tapi bagi masyarakat luas dan tidak memandang suku atau agama.

Hilyah Aulia mengemukakan, untuk penetapan bacalon yang nantinya akan diusung tidak ada yang diprioritaskan.

“Sebab peserta yang mendaftar bacalon walikota atau wakil walikota murni dari hasil seleksi dan telah memenuhi persyaratan yang telah ditentukan,”tandasnya.

Disebutkan penjaringan dilakukan mulai dari DPC sampai DPP PKB. (nid/K-3)

Iklan
Iklan