Iklan
Iklan
Iklan
OLAHRAGA

Gol Komang Bawa Indonesia U-23 Taklukkan Australia 1-0 Sekaligus Buka Peluang Lolos

×

Gol Komang Bawa Indonesia U-23 Taklukkan Australia 1-0 Sekaligus Buka Peluang Lolos

Sebarkan artikel ini
Pemain Indonesia, Komang Teguh diikuti rekan-rekannya meluapkan kegembiraan usai mencetak gol ke gawang Australia. (Kalimantanpost.com/Instagran kabarsports_id)

QATAR, Kalimantanpost.com – Gol yang dibuat Komang Teguh membawa tim nasional U-23 Indonesia menumbangkan Australia U-23 dengan skor 1-0 pada matchday dua Grup A Piala Asia U-23 2024 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Kamis (18/4/2024) malam WIB.

Kemenangan itu juga membuka peluang Indonesia lolos keputaran selanjutnya. Indonesia menempati posisi kedua dengan poin 3 dari 2 kali main, sekali menang dan satu kali kalah.

Australia pun menempati juru kunci dengan poin 1 dari sekali seri dan satu kali kalah.

Posisi puncak dipegang Qatar yang meraih poin 3 dari sekali menang atas Indonesia 2-0 di partai pembuka. Sedangkan Yordania diperingkat 3 oleh Yordania dengan poin satu.

Indonesia yang tanpa Ivar Jenner dan Ramadhan Sananta yang mendapat kartu merah dipertandingan sebelumnya tak mempengaruhi keseimbangan tim. Shin Tae-yong pun memasang Jeam Kelly Sroyer mengganti sroyer.

Selain itu, Rio Fahmi yang biasanya menempati bek kanan dibangku cadangkan dan memainkan Fajar Fathurahman.

Perubahan komposisi pemain dan harus menang membuat Indonesia langsung bermain ofensif melalui Rafael Struick, Witan Sulaiman dibantu Nathan Tjoe A On, Marselino Ferdinan dan Sroyer.

Pertandingan baru berjalan satu menit, Indonesia mendapat peluang lewat serangan Rizki Ridho diberikan kepadan Witan dan meneruskannya ke Sroyer. Sayang tendangan pemain nomor 19 ini masih bisa di blok kiper Australia Patrick Beach.

Namun, setelah itu, beberapa kali pemain Indonesia beberapa kali melakukan kesalahan umpan hingga membahayakan lini belakang. Untungnya masih gagal dimanfaatkan Australia.

Pelan-pelan Garuda Muda mulai tampil percaya diri dan kembali bisa menekan Australia.

Di menit 15, Rafael menusuk ke jantung pertahanan Australia dan melakukan tembakan, sayangnya masih ke samping kanan gawang Australia.

Baca Juga:  Rans Nusantara Taklukkan Persikabo 2-1, Persik Ditahan Borneo

Australia yang juga membutuhkan kemenangan melakukan serangan melalui Mohammed Toure, Nishan Velupillay, Jake Hollman dan
Adrian Segecic.

Di menit 21, Toure melakukan tendangan keras ternyata membentur tangan Komang dan bola muntah ditendang Jake Hollman tapi bisa diantisipasi kiper Ernando.

Peristiwa bola menyentuh tangan Komang langsung di cek wasit Majed Alshamrani Arab Saudi memalui VAR. Setelah berulang kali melihat rekaman VAR, Majed kemudian menunjuk titik putih.

Toure yang bertindak sebagai algojo, tapi tendangannya bisa di blok kiper Indonesia Ernando yang menjadi bintang lapangan.

Nasiv sial kembali menimpa Timnas Australia U-23 saat tendangan Jake Hollman di menit 25 hanya membentur mistar gawang.

Lima menit kemudian lewat serangan balik cepat Australia melalui Toure berhasil di blok Ernando.

Indonesia pun balik menyerang melalui Komang yang ikut maju ke depan tapi tendangannya kurang tepat sasaran.

Indonesia pun akhirnya mampu menjebol gawang Australia di menit 45. Berawal tendangan sudut Witan Sulaiman dari rusuk kanan memberi umpan jauh ke Marselino.

Bola berusaha dibuang pemain Australia tapi jatuh ke Nathan, bola diplesingnya dan langsung disambar Komang dengan sundulan kepalanya. Gol, Indonesia unggul 1-0 hingga babak pertama usai.

Memasuki babak kedua, Australia langsung mengurung pertahanan Indonesia.

Di menit 52, Nishan Velupillay melewati Marselino dan memberikan umpan Toure. Lagi-lagi kiper Ernando mampu membelok tendangan nomor 19 Australia ini.

Begitu juga umpan matang Toure di menit 64, untungnya sepakan Jake Hollman lepas padahal gawang sudah kosong.

Sroyer yang tampil ngotot akhirnya kelelahan dan mengalami cedera dan diganti Justin Hubner di menit 71.

Toure yang beberapa kali menyia-nyiakan kesempatan gol pun diganti Alou Quol di menit 74.

Baca Juga:  Erick Thohir Tawarkan Indonesia Jadi Kandang Palestina

Walau pun mendapat tekanan, Indonesia sesekali melakukan serangan balik cepat di menit 75 melalui Rafael, sayang umpannya terlambat disongsong Witan hingga bola dipotong kiper Australia.

Di menit 88, tendangan Lachlan Brook kembali berhasil di blok kiper Ernando.

Indonesia pun mendapat peluang di menit 94 melalui terobosan Nathan ke kotak penalti. Sayangnya bola matang pemain klub Heereveen Belanda gagal diselesaikan Marselino, hanya membentur kaki pemain Australia.

Kedudukan 1-0 untuk Indonesia hingga pertandingan usai.

Indonesia dipertandingan terakhir melawan Yordania pada Minggu (21/4) pukul 22.30 WIB.

Hasil Pertandingan
Senin (15/4/2024)

  • Australia vs Jordania 0-0
  • Qatar vs Indonesia 2-0

Kamis (18/4/ 2024)

  • Timnas Indonesia U-23 Vs Australia 1-0

21 April 2024

  • Yordania Vs Timnas Indonesia U-23
    Abdullah bin Khalifa Stadium, Doha
    Pukul 22.30 WIB

Klasemen Sementara

  1. Qatar 1 1 0 0 2-0 3
  2. Indonesia 2 1 0 1 1-2 3
  3. Jordania 1 0 1 1 0-0 1
  4. Australia 2 0 1 1 0-1 1

Iklan
Iklan