Iklan
Iklan
Iklan
Banjarmasin

Kakanwil Kemenkumham Kalsel Berikan Arahan pada Orientasi CPNS

×

Kakanwil Kemenkumham Kalsel Berikan Arahan pada Orientasi CPNS

Sebarkan artikel ini

BANJARMASIN, Kalimantanpost.com – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Kalimantan Selatan menyelenggarakan kegiatan Orientasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) formasi rekrutmen Tahun Anggaran 2023. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam tentang tugas, tanggung jawab, serta nilai-nilai yang harus dijunjung tinggi oleh CPNS di Lingkungan Kanwil Kemenkumham Kalsel.

Kegiatan diawali dengan laporan panitia pelaksana kegiatan yang disampaikan oleh Kepala Bagian Umum, Rustam Sakka selaku Ketua Panitia. Ia menyampaikan bahwa orientasi akan berlangsung dari tanggal 22 hingga 25 April 2024. Sejumlah 33 CPNS mengikuti kegiatan orientasi yang meliputi serangkaian aktivitas seperti olahraga, pelatihan baris-berbaris, dinamika kelompok, serta kunjungan lapangan ke Badan Pemasyarakatan (Bapas) Kelas I Banjarmasin dan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Banjarmasin. Selain itu, mereka juga diberikan arahan dan pengenalan tentang organisasi, tugas, dan fungsi dari Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) dan Kepala Divisi (Kadiv).

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kalsel, Taufiqurrakhman pada kesempatan ini berhadir langsung dan memberikan arahan kepada para CPNS yang akan bertugas di lingkungan Kantor UPT Kemenkumham Kalsel.

Dalam arahannya, Kakanwil menekankan penting untuk menjunjung tinggi Core Value Aparatur Sipil Negara (ASN) dengan prinsip berAKHLAK, sejalan dengan tata nilai PASTI Kemenkumham.

“Tahun 2024 ditetapkan sebagai tahun untuk memperkuat sinergi yang semakin pasti dan berakhlak untuk meningkatkan kinerja Kemenkumham yang semakin Berdampak,” tandasnya.

Selain itu, Kakanwil juga menyoroti strategi-strategi yang diperlukan dalam menjalankan tugas sebagai Insan Pengayoman, seperti berpikiran terbuka, semangat pembelajar, mencoba ide-ide baru, dan praktik perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai kepegawaian yang baik. Integritas, menurutnya, merupakan aspek yang sangat penting, di mana CPNS diharapkan melakukan hal yang benar bahkan ketika tidak ada yang memperhatikan.

Baca Juga:  Berencana Hadirkan Wali Kota di Judicial Review

Peserta Orientasi CPNS juga diberikan pesan untuk membersihkan hati dan pikiran dari hal-hal negatif, membangun komitmen yang tinggi, serta menanamkan integritas moral yang kuat sebagai modal awal dalam memulai karier sebagai CPNS.

“Mulailah segala sesuatunya dengan niatan yang baik, termasuk dalam memulai dan meniti karir sebagai Insan Pengayoman,” ucap Taufiqurrakhman.

Acara ini juga dihadiri oleh beberapa pejabat penting di lingkungan Kemenkumham Kalsel, antara lain Kepala Divisi Administrasi, Kepala Divisi Pemasyarakatan, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, serta Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Se-Banjar Raya. Diharapkan orientasi ini dapat memberikan bekal yang memadai bagi para CPNS untuk menjalankan tugas mereka dengan baik dan berintegritas tinggi ke depannya. (KPO-1)

Iklan
Iklan