Iklan
Iklan
Iklan
BanjarmasinTRI BANJAR

Kontelasi Politik di Banjarmasin Semakin Memanas Tiga Politikis Banjarmasin Hilyah Aulia, H Faisal Hariyadi, dan HM Yamin Maju Wali Kota Banjarmasin

×

Kontelasi Politik di Banjarmasin Semakin Memanas Tiga Politikis Banjarmasin Hilyah Aulia, H Faisal Hariyadi, dan HM Yamin Maju Wali Kota Banjarmasin

Sebarkan artikel ini
Tiga Politisi Maju Pilkada Wali Kota Banjarmasin HM Yamin, Hilyah Aulia, H Faisal Hariyadi. (KP/Amir)

Semakin longgarnya maju kepala daerah tak harus mundur di Legislatig tampaknya menjadi ajang bergensi untuk mau Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banjarmasin

BANJAMASIN, KP – Menyusul pernyataan Hilyah Aulia yang juga Ketua DPC PKB Kota Banjarmasin yang menyatakan maju Wali Kota Banjarmasin tentnya merubah peta politik di kota berjuluk seribu sungai. Pasalnya, sebelumnya pentolan PKB ini mengusul Wakil Wali Kota Ir H Arifin Noor maju Wali Kota. Namun begitu PKB membuka pendaftaran justru petinggi PKB menyatakan maju dan mendaftar.

Dengan keputusan baru tersebut juga sempat mengagetkan semua pihak. Sementara sisa waktu yang tinggal beberapa hari jumlah konstetan semakin hari terus bertambah. Misalnya, dengan majunya Sekretaris PAN Kota Banjarmasin H Faisal Hariyadipun membuat kontelasi politik semakin memanas.

Padahal sebelumnya Petinggi Gerindra Kota Banjarmasin HM Yamin pun menyatakan maju Walikota Banjarmasin 2024. Tampaknya semakin mendekati Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 para partai politik (Parpol) mulai menyiapkan kandidatnya yang bakal akan diusung.

Untuk Pilkada Walikota dan Wakil Walikota hingga saat ini sejumlah nama yang baru mencuat dari politikus dan mantan birokrat. Dengan semakin longgarnya maju kepala daerah tak harus mundur di Legislatig tampaknya menjadi ajang bergensi.

Hal ini terbukti tiga anggota DPRD Kota Banjarmasin masing-masing politikus sebut saja dari Partai Gerindra HM Yamin. Partai Amanat Nasional (PAN) HM Faisal Hariyadi dan dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB Hilyah Aulia. Ketiga nama itu tercatat anggota senior DPRD Kota Banjarmasin dan kembali terpilih dalam Pileg 2024 lalu.

HM Yamin menyatakan kesiapan dirinya untuk maju mencalonkan diri pada Pilkada Walikota dan Wakil Walikota. “ Jika memang diminta partai saya, yaitu Partai Gerindra sebagai kader saya tentunya harus siap melaksanakannya,” ujarnya.

Baca Juga:  Pemko Panggil Pengelola Caviar Lounge

Sedangkan kader Senior PAN HM Faisal Hariyadi juga sudah menyatakan kesiapannya untuk maju pada Pilkada Walikota Banjarmasin. Politikus yang juga menyatakan kesiapannya maju dalam Pilkada Walikota adalah Hilyah Aulia.

Politikus perempuan dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini mengemukakan tekadnya maju Pilkada dengan tujuan untuk lebih meningkatkan kemajuan Kota Banjarmasin.

Hilyah Aulia yang juga Ketua DPC PKB Kota Banjarmasin ini kepada {KP} menegaskan sebagai seorang perempuan, tentunya akan lebih memberi warna yang tersendiri untuk memimpin Kota Banjarmasin dalam lima tahun kedepan.

Alasan lain karena kalangan perempuan sangat minim maju mencalonkan diri dalam Pilkada. “Padahal perempuan mempunyai hak yang sama untuk menjadi kepala daerah atau menjadi pemimpin,” kata Hilyah Aulia yang saat ini menjadi Ketua Komisi III DPRD Kota Banjarmasin ini.

Sedangkan dari mantan birokrat H Mukhyar. Sebelumnya beberapa waktu lalu DPP PKS jauh hari sudah memberi mandat kepada Mukhyar untuk maju sebagai bakal calon walikota Banjarmasin. Meski sudah mengantongi rekomendasi dari PKS untuk maju sebagai bakal calon wali kota Banjarmasin, namun hingga saat ini Mukhyar belum menetapkan pasangannya.

“Hingga saat ini kami terus melakukan komunikasi koalisi untuk menentukan pasangan sebagai bakal calon wakil walikota,” ujarnya. (nid/K-3)

Iklan
Iklan