Iklan
Iklan
Iklan
BanjarbaruTRI BANJAR

Raker Apeksi Kalimantan Bahas Infrastruktur dan Kualitas SDM Penyangga IKN

×

Raker Apeksi Kalimantan Bahas Infrastruktur dan Kualitas SDM Penyangga IKN

Sebarkan artikel ini
MALAM PENYAMBUTAN- Wali Kota Banjarbaru Muhammad Aditya Mufti Ariffin (tengah)bersama Sekdaprov Kalsel Roy Rizali Anwar (kiri wali kota) serta kepala daerah se-Kalimantansaat malam penyambutan peserta raker Komwil V Apeksi Regional Kalimantan di Banjarbaru. (KP/Antara)

Banjarbaru, KP – Rapat Kerja Komisariat Wilayah (Raker Komwil) V Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) Regional Kalimantan fokus membahas infrastruktur dan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) untuk menyangga Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur.
 
“Pembahasan raker fokus pada infrastruktur dan peningkatan SDM terutama di wilayah Kalimantan,” ujar Ketua Apeksi Komwil V Regional Kalimantan Basri Rase melalui keterangan tertulis di Banjarbaru, Senin.

Diketahui, Raker Komwil V Apeksi Regional Kalimantan diikuti 10 wali kota maupun penjabat wali kota atau yang mewakili membahas pembangunan infrastruktur sebagai daerah penyangga Ibu Kota Nusantara.
 
Menurut Wali Kota Bontang Provinsi Kalimantan Timur itu, peserta rapat memperjuangkan interkoneksi jalur darat maupun udara Trans Kalimantan termasuk dalam dan luar negeri.
 
Ditekankan Basri, infrastruktur wilayah Kalimantan yang menjadi daerah penyangga IKN sangat penting dipersiapkan sehingga bisa semakin cepat mendorong kemajuan daerah di kawasan Borneo itu.
 
“Persoalan lain yang juga dibahas adalah pertumbuhan ekonomi di Kalimantan yang masih rendah dan jauh tertinggal dibandingkan Pulau Jawa. Salah satu faktornya adalah infrastruktur yang belum memadai dan merata,” ungkapnya.
 
Basri menuturkan raker yang menjadi wadah saling bertukar informasi itu juga mendorong agar Kalimantan mampu menjadi industri hilirisasi karena akan sangat menguntungkan bagi Kalimantan di berbagai sektor.

“Raker ini juga wadah berbagi ilmu, contohnya seperti Banjarbaru yang mampu menjalin kerja sama dengan luar negeri. Tentunya kemampuan dan inovasi itu dibahas bersama sehingga bisa ditiru daerah lainnya di Kalimantan,” ucap dia.
 
Ditambahkan Basri, hasil raker Komwil V Apeksi Regional Kalimantan itu juga diharapkan mendapat dukungan dari pemerintah terutama Apeksi pusat mengingat pembahasan terkait kesiapan daerah di Kalimantan sebagai penyangga IKN.
 
“Kami berharap hasil raker didukung pemerintah terutama Apeksi pusat termasuk ke Bappenas karena fokus pembahasan terkait infrastruktur dan peningkatan kualitas SDM yang membawa dampak bagi masyarakat Kalimantan sebagai daerah penyangga IKN,” katanya.()

Baca Juga:  Tradisi Potong Rambut Massal di Mangkalawat

 Wali Kota Banjarbaru Muhammad Aditya Mufti Ariffin mengatakan, pihaknya memasilitasi pertemuan kepala daerah regional Kalimantan dan berharap hasil raker mendapat dukungan Apeksi pusat dan juga pemerintah merealisasikannya.
 
“Kami berharap, hasil raker dapat direalisasikan karena Kalimantan merupakan penyangga IKN sehingga semua sektor harus dipersiapkan agar program pengembangan ibu kota berjalan sesuai perencanaan,” tutur Aditya.(ant/Dev/K-3)

Iklan
Iklan