Iklan
Iklan
Iklan
BanjarbaruTRI BANJAR

Sungai Kemuning Sudah Bersih, Walikota Lepaskan Ikan

×

Sungai Kemuning Sudah Bersih, Walikota Lepaskan Ikan

Sebarkan artikel ini
IKAN SEGAR- Guna meningkatkan kualitas lingkungan dan memajukan sektor pariwisata, Wali Kota Banjarbaru, berhasil mengubah Sungai Kemuning menjadi destinasi wisata memancing, Sabtu (27/04/2024) dengan melepas ribuan ton ikan segar. (KP/Devi)

Banjarbaru,KP- Upaya untuk meningkatkan kualitas lingkungan dan memajukan sektor pariwisata terus dilakukan oleh Pemerintah Kota Banjarbaru. Wali Kota Banjarbaru, yang berhasil mengubah Sungai Kemuning menjadi destinasi wisata memancing, yang ditandai dengan melakukan penebaran bibit ikan di sungai Sabtu (27/04/2024) kemarin.

Wali Kota Banjarbaru, H. M. Aditya Mufti Ariffin, mengatakan kegiatan ini tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan populasi ikan di sungai, tetapi juga untuk mendukung upaya menjaga ekosistem sungai yang sehat.

Sungai Kemuning, yang dahulu hanya dianggap sebagai saluran pembuangan, kini mengalami transformasi signifikan menjadi salah satu destinasi wisata memancing favorit di wilayah tersebut. Berkat perbaikan kualitas air yang terus-menerus dilakukan, termasuk pembersihan sungai secara rutin, Sungai Kemuning kini menawarkan lingkungan yang bersih dan sehat bagi kehidupan ikan.

“Kondisi air di Sungai Kemuning cukup bersih dan bisa digunakan untuk kegiatan memancing, ikan pun masih bisa ditebar dan hidup di lingkungan sungai. Kedepan kami wacanakan untuk membuka pintu air di daerah Jalan Jeruk agar aliran sungai bisa lebih baik dan air tetap terjaga kebersihannya,” jelasnya.

Sementara itu, Lurah Guntung Paikat, Muhammad Arifin, menyatakan alasan memilih lokasi tempat penebaran bibit ikan di Sungai Kemuning Guntung Paikat karena terdapat area sungai yang cocok untuk kegiatan memancing.

“Dalam kawasan ini, terdapat area sungai yang memiliki kedalaman yang cukup dan sangat baik untuk memancing, dan juga dikelola oleh masyarakat sekitar untuk budidaya ikan,” ungkapnya.

Dengan langkah progresif ini, Pemerintah Kota Banjarbaru tidak hanya berhasil meningkatkan kualitas lingkungan hidup, tetapi juga membuka peluang baru dalam pengembangan sektor pariwisata yang berkelanjutan. (Dev/K-3)

Iklan
Baca Juga:  SMK Telkom Ciptakan Game Edukasi Anak
Iklan