Iklan
Iklan
Iklan
OLAHRAGA

Barcelona Dihajar Girona 2-4, Real Madrid Dipastikan Juara LaLiga

×

Barcelona Dihajar Girona 2-4, Real Madrid Dipastikan Juara LaLiga

Sebarkan artikel ini
Striker Real Madrid Joselu merayakan gol bersama Nacho Fernandez saat Real Madrid mengalahkan Cadiz 3-0 untuk memastikan gelar juara La Liga. (Kalimantanpost.com/AntaraAFP)

SPANYOL, Kalimantanpost.com – Real Madrid dipastikan juara La Liga 2023/24 setelah Barcelona menelan kekalahan 2-4 atas Girona dalam Jornada ke-34 di Stadion Montilivi pada Minggu (5/5/2024) dini hari WIB.

Barcelona sempat dua kali unggul melalui gol Andreas Christensen dan penalti Robert Lewandowski sebelum tim tuan rumah melakukan comeback berkat brace Portu, dengan dua lainnya lewat Artem Dovbyk, dan Miguel Gutierrez.

Kekalahan ini membuat Barcelona tidak bisa lagi mengejar Real Madrid dalam klasemen saat ini. Barcelona saat ini turun ke peringkat tiga dengan 73 poin, tertinggal 14 poin dari Los Blancos.

Sedangkan Girona dipastikan lolos ke Liga Champions musim depan setelah menggeser Barcelona untuk menempati peringkat dua. Skuat asuhan Michel tersebut mengemas 74 poin, demikian yang dikutip laman resmi Liga Spanyol.

Barcelona membuka skor dengan gol cepat saat laga baru berjalan tiga menit. Lamine Yamal memberikan umpan lambung ke Christensen yang tidak mendapatkan kawalan di depan kotak penalti.

Gelandang asal Denmark itu mengontrol bola dengan dadanya sebeum melepaskan tembakan first-time yang menjebol gawang Paulo Gazzaniga. Skor 1-0 untuk Barcelona.

Keunggulan Barcelona hanya bertahan satu menit setelah Dovbyk mencetak gol balasan. Penyerang asal Ukraina itu berada di posisi yang tepat untuk menyundul bola hasil umpan Ivan Martin.

Kiper Marc-Andre ter Stegen tidak berhasil menghentikan bola untuk masuk ke gawangnya. Kedudukan menjadi 1-1.

Sebelum babak pertama berakhir, Barcelona kembali unggul melalui tendangan penalti Lewandowski. Wasit sempat melihat VAR untuk menentukan apakah Yamal dilanggar di dalam atau di luar kotak penalti.

Lewandowski maju sebagai eksekutor dan berhasil memperdayai Gazzaniga yang melompat ke arah lain. Babak pertama berakhir 2-1 untuk keunggulan Barcelona.

Baca Juga:  Gol Kemenangan Rudiger ke Gawang Mallorca Semakin Kokohkan Real Madrid di Puncak

Girona berhasil menyamakan kedudukan di babak kedua atau menit ke-65 berkat gol Portu. Bermula dari kesalahan Sergi Roberto yang terlalu lemah memberikan back-pass ke arah Ter-Stagen, Dovbyk kemudian menggiring bola ke kotak penalti sebelum menyodorkan bola ke Portu yang sukses mencetak gol. Girona 2-2 Barcelona.

Tidak lama berselang, giliran Miguel Gutierrez yang mencetak gol. Gol ini berasal dari serangan balik cepat Girona.

Portu menusuk di sisi kiri pertahanan Barcelona sebelum lalu mengirim umpan ke Gutierrez, yang sempat menahan dan menggiring bola lalu melepaskan tembakan.

Bola sempat membentur bek Barcelona sebelum berubah arah dan membuat Ter-Stagen gagal menghalau bola.

Portu lalu kembali mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-75. Girona memperbesar keunggulan jadi 4-2.

Barcelona berusaha keras untuk mencetak gol di sisa pertandingan, tetapi usaha mereka sia-sia. Girona menang dengan skor 4-2.

Hasil itu pun otomatis membuat Real Madrid resmi jadi juara La Liga Spanyol musim ini. Ini merupakan gelar La Liga ke-36 bagi Real Madrid. (Ant/KPO-3)

Iklan
Iklan