Iklan
Iklan
Iklan
HUKUM & PERISTIWA

Buaya Muncul di Pantai Bunati Tanah Bumbu, Ini Dilakukan BKSDA Kalsel

×

Buaya Muncul di Pantai Bunati Tanah Bumbu, Ini Dilakukan BKSDA Kalsel

Sebarkan artikel ini
Tangkapan Layar - Seekor buaya muncul terpantau memakan bangkai di pesisir Pantai Bunati, Kecamatan Angsana, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, Jumat (3/5/2024). (Kalimantanpost.com/Antara)

BANJARMASIN, Kalimantanpost.com – Seekor buaya berukuran sekitar 2,5 meter yang muncul di Pantai Bunati, Kecamatan Angsana, Kabupaten Tanah Bumbu. Balai Konservasi Sumber Daya Alam Provinsi Kalimantan Selatan (BKSDA Kalsel) mengawasi kemunculan buaya itu.

Pelaksana Tugas Kepala BKSDA Kalsel Suwandi saat dikonfirmasi di Banjarmasin, Sabtu (4/5/2024), mengatakan berdasarkan laporan masyarakat, buaya liar muncul di pesisir Pantai Bunati pada Jumat.

“Warga sempat merekam buaya itu, dari rekaman terlihat buaya sedang mencari pakan,” ujarnya.

Suwandi menyebutkan kemunculan buaya tersebut kemungkinan lepas dari habitat asli yang berada di sekitar Kabupaten Tanah Bumbu dan Tanah Laut.

Menurut dia, ada beberapa lokasi yang menjadi habitat buaya di Kabupaten Tanah Bumbu dan sekitarnya. Dugaan sementara, buaya di pantai tersebut karena ingin mencari pakan di muara sungai dan sekitar pesisir pantai.

“Upaya yang kami lakukan dengan mengerahkan petugas mengedukasi masyarakat sekitar agar lebih berhati-hati. Karena buaya yang sedang mencari pakan biasanya ganas, bisa mengejar,” tuturnya.

Dia juga telah menginstruksikan jajaran untuk memasang spanduk imbauan di area kemunculan buaya agar masyarakat membatasi aktivitas sementara waktu sembari menunggu penanganan dari petugas.

Suwandi mengatakan petugas sedang memantau dengan intens seekor buaya yang sempat membuat resah masyarakat sekitar Pantai Bunati tersebut.

“Kalau sudah ketemu, buaya ini akan segera kami kembalikan ke habitat asli yang masih bagus,” ujarnya lagi. (Ant/KPO-3)


Iklan
Baca Juga:  Pedagang Pentol Ditemukan Meninggal di Lokasi Banjir
Iklan