Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
HEADLINE

Cuaca di Mekkah Capai 40-45 Derajat, Ini Pesan Ketua PPIH buat Jemaah Haji Kloter BDJ 12

×

Cuaca di Mekkah Capai 40-45 Derajat, Ini Pesan Ketua PPIH buat Jemaah Haji Kloter BDJ 12

Sebarkan artikel ini
Jemaah haji Kelompok Terbang (Kloter) BDJ 12 Banjarmasin. (Kalimantanpost.com/laman kemenagkalsel)

BANJARBARU, Kalimantanpost.com – Cuaca di Arab Saudi mencapai 40 sampai 45 derajat, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) Dr H Muhammad Tambrin, M.MPd selaku Ketua Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Banjarmasin berpesan agar jemaah haji Kelompok Terbang (Kloter) BDJ 12 memperbanyak minum air putih agar terhindar dari dehidrasi, dan menghindari paparan sinar matahari secara langsung.

“Pada saat memasuki Masjdil Haram siapkan kantong plastik untuk menyimpan sandal supaya saat keluar dari masjid sandalnya masih bisa dipakai. Supaya kaki kita tidak melepuh karena tidak memakai alas kaki,” pesannya seperti dikutip dari laman Kemenag Kalsel, Selasa (28/5/2024).

Saat memasuki puncak haji atau Armuzna lanjut Tambrin, semuanya memerlukan tenaga yang luar bisa dan perjalanan sekitar 35 kilometer dalam 3 hari, untuk itu ikuti arahan Ketua Kloter, Pembimbing ibadah haji, Tim Kesehatan Ketua Rombongan dan Ketua Regu.

“Karena puncak haji sangat memerlukan tenaga jamaah haji agar tidak melakukan kegiatan-kegiatan yang tidak di arahkan oleh Ketua Kloter dan Pembimbing Ibadah Haji,” pintanya.

Lebih lanjut Tambrin mengatakan jamaah haji Kloter BDJ 12 berasal dari Kabupaten Hulu Sungai Tengah 297 jamaah, Kota Banjarmasin 15 jamaah, Banjarbaru 2 jamaah, Kabupaten Banjar 2 jamaah, Tabalong 2 jamaah dan Tanah Laut 1 jamaah keseluruhan berjumlah 315.

“Dan 5 petugas Kloter yang akan menyertai jamaah yang terdiri dari Ketua Kloter, Pembimbing Ibadah dan 3 orang Tenaga Haji Kesehatan Indonesia (TKHI) yang terdiri dari 1 orang Dokter 2 orang perawat, dengan jumlah keseluruhan 320 jamaah yang kesemuanya dinyatakan sehat dan bisa diberangkatkan,” katanya.

Jamaah lanjut usia di Kloter BDJ 12 kata Tambrin, ada 13 orang yang menggunakan kursi roda, dan jamaah tertua atas nama Jamhura Durahman umur 82 tahun dan jamaah termuda atas nama Aditya Rahman umur 18 tahun yang keduanya berasal dari Kabupaten Hulu Sungai Tengah.

Baca Juga:  Hingga 12 Februari, 3.533 Jemaah Haji Kalsel Telah Lunasi Bipih

Jamaah Kloter BDJ 12 akan diterbangkan dari Bandara Syamsudin Noor , Selawa (28/5) pukul 09.30 Wita dengan menggunakan pesawat Airbus 340 Garuda Indonesia dan direncanakan mendarat di King Abdul Aziz International Airport Jeddah tanggal 28 Mei 2024 pukul 17.45 WAS.

Jemaah haji Kloter BDJ 12 adalah jamaah gelombang 2 yang langsung menuju Mekkah dan akan mengambil miqat di Bandara King Abdul Aziz.

“Persiapkan diri untuk melaksanakan umrah wajib, saat akan turun dari pesawat untuk peci atau kupiahnya dilepas terlebih dahulu, jadi jangan sampai saat mengambil miqat masih memakai peci atau kupiah,” pintanya saat melepas Jamaah Haji Kloter BDJ 12 di Aula Jeddah Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin,” kata Thambrin.

Kepala Kemenag Kalsel ini juga mendoakan jemaah haji Kloter BDJ 12 semuanya selalu mendapatkan kesehatan dan keberkahan dalam menjalankan rangkaian ibadah haji dan mendapatkan haji yang mabrur. (ful/KPO-3)

Iklan
Iklan