Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
BanjarmasinTRI BANJAR

Demi Maju Pilwali, Yamin Tak Masalah Mundur di Dewan

×

Demi Maju Pilwali, Yamin Tak Masalah Mundur di Dewan

Sebarkan artikel ini
HM Yamin

Keempat politisi senior ini terpilih kembali menjadi anggota DPRD Banjarmasin pada Pileg 2024 lalu dan menyatakan siap maju dalam pesta demokrasi Pilwali yang akan digelar November tahun ini

BANJARMASIN, KP – Konstelasi politik menjelang Pilkada 2024 diperkirakan mengalami pergeseran cukup signifikan. Penyebabnya terkait aturan anggota dewan maju Pilkada.

Terakhir Komisi Pemilihan Umum (KPU) mewajibkan anggota dewan yang maju Pilkada harus mundur menjadi anggota legislatif.

Ketentuan tersebut telah diputuskan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor : 12/PUU-XXII/2024.

Meski begitu, sesuai putusan MK, anggota dewan akan diminta mundur jika Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan mereka sebagai calon yang telah memenuhi persyaratan untuk maju bertarung pada Pilkada.

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) sesuai dijadwalkan KPU secara serentak akan dilaksanakan tanggal 27 November 2024 tahun ini. Penetapan jadwal itu sesuai Peraturan KPU Nomor : 2 tahun 2024.

Tercatat ada 4 anggota DPRD Kota Banjarmasin yang menyatakan siap maju Pilwali Banjarmasin yaitu HM Yamin dari Partai Gerindra, Harry Wijaya dan HM Faisal Hariyadi dari Partai Amanat Nasional (PAN dan Hilyah Aulia (PKB).

Keempat politisi senior ini terpilih kembali menjadi anggota DPRD Kota Banjarmasin pada Pileg 2024 lalu dan menyatakan siap maju dalam pesta demokrasi Pilwali Banjarmasin yang akan digelar November tahun ini.

HM Yamin mengatakan tidak mempermasalahkan putusan MK tersebut selama partainya memberi mandat untuk maju Pilwali Banjarmasin.

Kepada {KP} Senin (27/5/224) memaparkan sebelumnya niatnya maju Pilwali, selain atas usulan seluruh pengurus ranting Partai Gerindra tingkat kelurahan se kota Banjarmasin,tapi atas aspirasi masyarakat.

“ Kalau masyarakat dan partai saya memberikan mandat untuk maju Pilwali, maka saya harus melaksanakan kepercayaan yang diberikan ini,” ujar Yamin yang akan bacalon walikota Banjarmasin.

Baca Juga:  Level IV Kok Ada Kelonggaran untuk Mall?

HM Yamin yang saat ini menjabat Wakil Ketua DPRD Kota Banjarmasin mengatakan, terus menjalin komunikasi dengan sejumlah parpol untuk menjalin koalisi .

Ia juga menegaskan, keseriusannya maju Pilwali tujuan utamanya untuk lebih meningkatkan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Banjarmasin.

Sementara HM Faisal Hariyadi yang dihubungi hanya menjawab siap. “ Saya hanya mohon doa restu,” katanya memberi jawaban lewat WA.

Kepastian majunya Faisal Hariyadi ini tampaknya sudah dipastikan karena sudah mendapat mandat dari DPP PAN melalui surat rekomendasi yang dikeluarkan. Nomor : 133/Pilkada/2024 tanggal 8 Mei 2024. Sekarang tinggal menjalin teman koalisi dengan parpol lain.

Sedangkan Hilyah Aulia yang juga Ketua DPC PKB Kota Banjarmasin dan Ketua DPD PAN Kota Banjarmasin Harry Wijaya meski sudah dicoba dihubungi belum memberikan tanggapannya. (nid/K-3)

Iklan
Iklan