Iklan
Iklan
Iklan
OLAHRAGA

Ini Tiga Tim Terdegradasi ke Liga 2 dan Tiga Klub Promosi ke Liga Musim Depan

×

Ini Tiga Tim Terdegradasi ke Liga 2 dan Tiga Klub Promosi ke Liga Musim Depan

Sebarkan artikel ini
- Klasemen akhir Liga 1 Indonesia 2023/2024). (Kalimantanpost.com/Instagram garudafansbook)

JAKARTA, Kalimantanpost.com – Nasib berbeda dialami Rans Nusantara FC dan Madura United dipertandingan terakhir Liga 1 Indonesia 2023/2024.

Rans Nusantara dipastikan terdegradasi ke Liga 2 musim depan setelah takluk dari PSM Makassar dengan skor 2-3 pada pekan ke-34 Liga 1 Indonesia di Stadion Batakan, Balikpapan, Selasa (30/4/2024).

Rans Nusantara pun mengikuti jejak Persikabo 1973 dan Bhayangkara FC yang lebih dulu terdegradasi ke Liga 2 musim depan.

Sementara itu, tim itu tiga tim dari Liga 2 promosi berkompetisi ke Liga 1 pada musim kompetisi 2024/2025 yaitu Semen Padang, Malut United dan PSBS Biak yang ikut berkompetisi sebagai tim promosi di Liga 1 pada musim kompetisi 2024/2025.

Pada pertandingan ini Rans Nusantara FC sempat membalas melalui Kushedya Hari Yudo dan Evandro Brandao, setelah sebelumnya tertinggal akibat gol-gol Yakob Sayuri (2) serta Adilson Silva, demikian catatan Liga Indonesia.

Sebenarnya pada pertandingan ini Rans Nusantara FC memiliki peluang untuk unggul terlebih dahulu, namun eksekusi penalti Mitsuru Marouka tak membuahkan hasil.

Kekalahan ini membuat Rans Nusantara FC tetap berada di peringkat ke-16 klasemen akhir Liga 1 Indonesia dengan 35 poin dari 34 laga dan mengikuti jejak Bhayangkara FC serta Persikabo 1973 yang terdegradasi ke Liga 2 musim depan.

Sementara itu, pesaing Rans Nusantara FC mampu menghindari zona degradasi seperti PSS Sleman dan Persita Tangerang yang sukses mengamankan kemenangan atas lawan-lawannya pada pekan ke-34.

PSS Sleman tercatat mengamankan kemenangan tipis 1-0 atas Persib Bandung, sedangkan Persita Tangerang menghancurkan Bali United 4-2.

Hasil tersebut membuat PSS Sleman berada di posisi ke-13 dengan 39 poin, memiliki poin sama dengan Persita Tangerang yang menempati peringkat ke-14.

Selain itu, Arema FC juga dipastikan lolos dari jurang degradasi setelah menahan imbang Madura United dengan skor 0-0 sehingga Singo Edan kini berada di posisi ke-15 klasemen akhir dengan torehan 38 poin.

Baca Juga:  Banjarmasin ingin tuan rumah Porprov, untuk kepentingan Olahraga Banua Kalsel.

Sebaliknya Madura United FC bersuka cita setelah lolos ke Championship Series Liga 1 Indonesia musim 2023/2024 setelah klub sepak bola berjuluk ‘Laskar Sape Kerrap’ itu bermain imbang tanpa gol melawan Arema FC di Stadion Gelora Bangkalan, Bangkalan, Selasa.

Dari hasil imbang 0-0 tersebut, Madura United mengantongi 55 poin dari 34 laga yang dijalani selama musim kompetisi, sehingga cukup memperoleh satu tiket terakhir Championship Series.

“Sebab, kemenangan Dewa United FC atas Borneo FC 2-1, hanya cukup untuk mengemas total 54 poin atau satu tingkat di bawah Madura United FC. Sedangkan, PSIS Semarang meraih hasil minor saat ditumbangkan Persija Jakarta 2-1 hingga hanya bisa mengemas total 53 dan hanya bisa berada di posisi keenam klasemen akhir,” kata Direktur PT. Polana Bola Madura Bersatu (PBMB) Annisa Zhafarina usai pertandingan.

Ia juga menyampaikan ucapan selamat kepada Fachruddin W. Aryanto dan kawan-kawan yang mampu melaju ke fase selanjutnya.

“Selamat atas pencapaian gemilang ini dan nikmati kemenangan ini, lalu fokus ke Championship Series untuk terus meraih prestasi, yang lebih baik. Kalian luar biasa,” ujar Annisa. (Ant/ful/KPO-3)

Tim lolos ke Championship Series

  1. Borneo FC
  2. Persib Bandung
  3. Bali United
  4. Madura United

Klub Terdegradasi ke Liga 2 Musim Depan

  1. Persikabo 1973
  2. Bhayangkara FC
  3. Rans Nusantara

Tim Liga 2 promosi ke Liga 1 pada musim kompetisi 2024/2025

  1. Semen Padang
  2. Malut United
  3. PSBS Biak

Iklan
Iklan