Iklan
Iklan
Iklan
BANUA KITAKotabaru

Lomba Kreatif Kuliner Berbahan Singkong di Kotabaru

×

Lomba Kreatif Kuliner Berbahan Singkong di Kotabaru

Sebarkan artikel ini
KP/Andi

Kotabaru, KP – 5 Mei 2024, Pemerintah Kabupaten Kotabaru melalui Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kotabaru menggelar Festival Kreatif Kuliner Kotabaru 2024 sejak Jumat Malam (03/05) hingga Minggu (05/05).

Dihari terakhir, gelaran Lomba Masak SKPD dan Instansi berbahan dasar Singkong memeriahkan Festival setelah Jumat Malam (03/05) kemarin serangkaian lomba telah diselenggarakan, di Wisata Siring Laut Kotabaru.

Adapun lomba digelar, sebagai upaya Pemerintah Daerah Kabupaten Kotabaru dalam memajukan wisata di bidang kuliner, dengan tujuan untuk memasyarakatkan pangan lokal dengan memanfaatkan bahan disekitar menjadi olahan pangan yang bergengsi dan berdaya saing, diikuti 28 peserta yang terdiri dari SKPD, Instansi dan Sekolah.

Tema singkong menjadi pilihan utama di Lomba Masak SKPD dan Instansi berbahan dasar Singkong. Chef Didi Prawiro Ketua Indonesian Chef Association BPD KalSel dan Muhammad Novie dari ICA BPC Kotabaru menjadi salah satu juri, menuturkan. “Salah satu kriteria penilaian yang dilihat dari komposisi gizi dalam makanan olahan singkong, karena singkong banyak mengandung karbohidrat dan memiliki kesulitan tersendiri saat diolah.

Namun sebenarnya ada lima aspek kriteria yang kita nilai disini, yaitu meliputi kreativitas dan kebersihan, teknik memasak, konstum, terutama citra rasa serta, garnish. Kita cari rasa yang memang khas singkong dan komposisinya harus 50 persen lebih banyak dari pada bahan lainnya, selain itu juga, kita saat penilaian memberikan metode dan teknik memasak saat mereka mengolah bahan makanan itu, sehingga saat nanti mereka mewakili ke tingkat provinsi atau lainnya bisa semakin percaya diri,” Ucapnya.

Sementara itu, Chef dari ICA BPC Kotabaru Muhammad Novie menharapkan, agar lebih mengangkat menu masakan khas Kabupaten Kotabaru.

“Diharapkan agar lebih mengangkat menu-menu atau bahan yang menjadi ikonik untuk Kotabaru, sehingga menciptakan menu atau masakan identitas khas dari Kabupaten Kotabaru,” Ungkapnya.

Baca Juga:  Ketua IGTKI PGRI Kotabaru Dilantik

Selain lomba Masak SKPD dan Instansi berbahan dasar Singkong, Sebelumnya Chef Brian Wicaksono Runner Up MasterChef Indonesia S3 bersama Chef Didi Prawiro (Ketua ICA Kalsel), Ketua TP. PKK Kotabaru Hj. Fatma Idiana juga didaulat menjadi salah satu dewan juri dalam lomba Menu Kreatif Khas Kotabaru, dengan tujuan sebagai salah satu upaya dalam mengembangkan UMKM dan melestarikan menu nusantara, khususnya masakan khas Kotabaru. Selain itu juga untuk memperkenalkan kuliner khas Kotabaru agar dikenal di Indonesia.

Puncak acara Festival Kreatif Kuliner 2024, Chef Brian Wicaksono Runner Up MasterChef Indonesia S3 turut memamerkan kebolehannya dalam meramu berbagai minuman. Acara juga diisi talkshow bersama dua Chef yang menjadi dewan juri dalam Lomba Menu Kreatif Kuliner khas Kotabaru yakni Chef Brian Wicaksono runner up Masterchef Indonesia dan Chef Didi Prawiro Ketua ICA Kalsel.

Ada juga Penampilan Fatin artis dari ibukota Jakarta, berhasil menghipnotis pengunjung Siring Laut dengan beberapa lagu yang dibawakannya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kotabaru Sonny Tua Halomoan,ST., M. E, menjelaskan bahwa, semua peserta ini sudah ikut serta menyukseskan Pariwisata Kabupaten Kotabaru.

“Dalam Festival Kuliner ini dilaksanakan berbagai lomba, diantaranya lomba Menu Kreatif Kuliner, Lomba Bazar Produk Kreatif Kuliner dan hari ini lomba Masak SKPD dan Instansi berbahan dasar singkong, yang mana bapak/ibu sekalian semua sudah ikut menyukseskan pariwisata Kabupaten Kotabaru yaitu wisafa kuliner,” Jelasnya. (and/K-6)

Iklan
Iklan