Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
BANUA KITATapin

Pelaku UMKM di Tapin Dilatih Kewirausahaan Mandiri Bersama Indomaret

×

Pelaku UMKM di Tapin Dilatih Kewirausahaan Mandiri Bersama Indomaret

Sebarkan artikel ini
Peninjuan produk-produk lokal dari pelaku UMKM Tapin pada pelatihan kewirausahaan mandiri UMKM. (Kalimantanpost.com/abd)

RANTAU, Kalimantanpost.com – Puluhan pelaku usaha yang tergabung dalam Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Tapin mengikuti seminar pelatihan kewirausahaan mandiri UMKM yang digelar di aula Tamasa Kantor Bupati Tapin,
Jumat, (31/5/ 2024).

Kegiatan pelatihan kewirausahaan mandiri UMKM terselenggara atas kerjasama Pemerintah Kabupaten Tapin dengan PT Indomarco Prismatama Banjarmasin, dengan mengusung tema Strategi Peningkatan Kualitas Produk Menuju UMKM Naik Kelas”.

Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Tapin Sugiannor mengatakan, seminar UMKM merupakan langkah awal dari PT Indomarco Prismatama Banjarmasin selaku penyelenggara akan kesungguhan dalam melaksanakan komitmen pemberdayaan dan pengembangan umkm di Kabupaten Tapin.

“Sebelum masuk produk lokal ke toko modern, kita undang pelaku UMKM di Tapin untuk mengikuti pelatihan sesuai dengan yang diangkat Peningkatan Kualitas Produk Menuju UMKM Naik Kelas, “ ujarnya.

Berharap nantinya setelah mengikuti ini, pelaku UMKM dapat memahami dan memenuhi persyaratan yang diminta oleh toko modern untuk memasarkan produknya masuk dalam toko modern.

Sementara Pj Bupati Tapin Muhammad Syarifuddin diwakili Plt Asisiten Ekonomi dan Pembangunan Taupiqurrahman mengatakan, atas nama Pemerintah Kabupaten Tapin, menyambut baik kegiatan ini dengan harapan dapat menambah wawasan, keterampilan, pengetahuan, serta meningkatkan kualitas dan kompetensi sdm para pelaku usaha mikro kecil dan menengah.

“Sehingga mampu berinovasi dan bersaing dalam menghasilkan, memperkenalkan maupun memasarkan produk-produk ekonomi berbasis lokal, yang pada akhirnya akan mampu meningkatan pendapatan daerah dan kesejahteraan bagi pelaku umkm itu sendiri,” ujarnya.

Menurutnya, pelatihan pembinaan kewirausahan bagi pelaku usaha mikro ini merupakan salah satu langkah strategis bersama dalam meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap potensi dan kekayaan daerah, dengan menggali dan mempromosikan produk inovatif dan kreatif berbasis sumber daya lokal yang bersifat unit khas daerah.

Baca Juga:  Lima Fraksi DPRD Tapin Menerima Tiga Buah Ranperda

“Kepada peserta pelatihan kami berpesan, ikuti pelatihan ini dengan baik, dan pahami betul materi yang akan disampaikan oleh narasumber nantinya, sehingga pelaku umkm, memiliki kompetensi dengan harapan dapat berdaya dalam mendongkrak nilai produk umkm Kabupaten Tapin,“ pesan Pj Bupati Tapin.

Deputy Branch Manager Indomaret Dian Chris Wilianto mengatakan, tujuan menggelar pelatihan kewirausahan mandiri bagi pelaku UMKM untuk bisa mempermudah dalam pemenuhan syarat-syarat yang dimintakan dalam memasukkan produk lokal ke toko modern.

“Berharap dengan mengikuti pelatihan kewirausahaan mandiri ini keberadaan UMKM di Kabupaten Tapin terus maju dan berkembang, “ harapnya.

Turut hadir pada pelatihan Kepala DPMPTSP Tapin Fauziah, Camat Binuang, Camat Bungur sert jajaran Dinas Perdagangan Kabupaten Tapin.(abd/KPO-3)

Iklan
Iklan