Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
BANUA KITATapin

Puluhan Anggota Pengawas Pilkada Dilantik

×

Puluhan Anggota Pengawas Pilkada Dilantik

Sebarkan artikel ini
PELANTIKAN - Anggota pengawas kecamatan pada Pilkada Serentak 2024. (KP/Abdillah)

Rantau, KP – Penjabat Bupati Tapin Muhammad Syarifuddin hadiri pelantikan dan pengambilan sumpah pengawas pemilu kecamatan Pilkada tahun 2024, Sabtu 25/05/2024 bertempat di aula Tamasa setda Tapin.

Turut hadir, Perwakilan Muspida Tapin, Komisioner KPU Tapin, dan Kepala Kesbangpol Tapin serta jajaran Bawaslu Tapin.

Penjabat Bupati Tapin Muhammad Syarifuddin dalam sambutannya menyampaikan bahwa tugas dari panwascam sangatkah strategis dan memiliki banyak resiko karena semua bentuk dugaan pelanggaran pemilu nantinya akan melalui panwas atau kalian. 

“Sehingga dengan panwas harus memiliki integritas yang tinggi dan tidak mudah tergoda oleh hal – hal yang dapat merusak demokrasi,” tegasnya.

Oleh karenanya pada kesempatan ini saya meminta kepada anggota Panwas agar dapat menjaga integritas dan keadilannya serta tidak diskriminatif selama bertugas nantinya.

“Melihat wewenang dan tanggung jawab panwaslu yang sangat besar Panwaslu haruslah tahan dengan pengaruh kepentingan kelompok, golongan l maupun partai politik,” katanya.

Disamping itu pula anggota panwas dituntut untuk memiliki pemahaman yang memadai tentang tata cara atau petunjuk teknis pelaksanaan pemilu.

“Panwas harus memiliki empat esensi yakni bertanggung jawab, transparan, tegas adil dalam membuat keputusan, dan memiliki fasilitas yang memadai dalam bertugas,” tutupnya.

Sementara Ketua Bawaslu Kabupaten Tapin melaporkan Abid G Fikasi mengatakan pelantikan pengurus Pengawas Pilkada Tahun 2024 Sebanyak  36 orang.

“Masing – masing kecamatan ada 3 orang anggota panwaslu, dan mereka akan bertugas selama 10 bulan,” ujarnya.

Sehingga apabila ada terjadi sengketa pemilu dapat mengawal hingga akhir pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2024. (abd/K-6)

Iklan
Baca Juga:  Pemkab HSS Raih Penghargaan dari IIPG
Iklan