Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
BANUA KITATanah Laut

Syamsir Lepas 298 JCH Kloter 11 Asal Tala

×

Syamsir Lepas 298 JCH Kloter 11 Asal Tala

Sebarkan artikel ini
PELEPASAN - Jamaah calon haji asal Bumi Tuntung Pandang yang termasuk pada kloter 11 menuju asrama haji Kota Banjarbaru. (KP/Rikzy)

Pelaihari, KP – Pj Bupati Tanah Laut (Tala) H Syamsir Rahman, melepas 298 JCH (jamaah calon haji) asal Bumi Tuntung Pandang yang termasuk pada kloter 11 menuju asrama haji Kota Banjarbaru dan ditandai dengan pengibaran bendera start. Bertempat di Halaman Balairung Tuntung Pandang Pelaihari dan Halaman Kantor Kecamatan Bati-Bati, Sabtu (25/5/2024).

Dalam sambutannya, Syamsir mengatakan bahwa pelepasan JCH asal Tala dibagi menjadi dua tempat yaitu Kecamatan Kintap, Jorong, Panyipatan, Pelaihari, Bajuin, Batu Ampar, Takisung sebanyak 203 orang dilakukan di Balairung Tuntung Pandang, sedangkan 95 orang lainnya yang berasal dari Kecamatan Kurau, Bumi Makmur, Tambang Ulang dan Bati-Bati dilakukan pelepasan di Halaman Kantor Kecamatan Bati-Bati.

“Hari ini kita semua menyaksikan keberangkatan para jamaah haji yang dipenuhi dengan kegembiraan, harapan dan semangat dalam beribadah, para jamaah yang berangkat ini merupakan tamu Allah yang berkesempatan untuk mengunjungi baitullah dan tempat suci lainnya,” ungkap Syamsir.

Syamsir juga mengingatkan, kepada para jamaah karena nantinya akan bertemu dengan jamaah haji dari berbagai negara, budaya dan latar belakang yang berbeda-beda. Jalinlah persaudaraan dan persahabatan karena dalam Islam, semuanya merupakan saudara seagama, bersikaplah ramah, toleran dan saling menghormati dalam setiap berinteraksi.

“Jadikanlah momen-momen suci ini sebagai peluang untuk merenung, bertaubat dan memperbaiki diri, bersikap baik dan menjaga adab juga diperlukan dalam perjalanan serta saling memotivasi antara jamaah juga menjadi kunci kesusksesan pada perjalanan ini,” tuturnya.

Ia juga berpesan kepada para jamaah untuk menjaga kesehatan dan kebugaran fisik selama perjalanan haji. Perjalanan ini, membutuhkan stamina yang baik, karena akan ada aktivitas fisik yang intens, terutama saat melaksanakan tawaf, sai dan melontar jumrah. Jaga pula kebersihan diri dan lingkungan sekitar, karena menjaga kebersihan adalah bagian dari ajaran Islam. Syamsir juga mengingatkan agar mematuhi peraturan dan tata tertib yang ditetapkan oleh pihak yang berwenang di tanah suci.

Baca Juga:  Pemkab dan MUI Tala Tandatangani Kesepakatan Nisfu, Ramadhan dan Lebaran

“Patuhi aturan-aturan yang berlaku, baik dalam ibadah maupun kehidupan sehari-hari. Jaga keamanan dan ketertiban disekitar serta hindari segala bentuk perilaku yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain, saya juga memberikan oleh-oleh kepada para jamaah berupa ikan asin asam manis untuk menambah selera makan selama berada di tanah suci,” pungkas Syamsir.

Turut berhadir Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Tala, Wakil Ketua II DPRD Tala, Pj Sekretaris Daerah Tala, Pj Ketua TP PKK Tala, Kepala Kantor Kemenag Tala, para Asisten dan Staf Ahli Setda Tala, para Kepala SKPD Lingkup Pemkab Tala, para camat se-Kabupaten Tala serta para petugas haji. (rzk/K-6)

Iklan
Iklan