Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
HEADLINE

Tahun Kedua Kolaborasi PWI Kalsel dan PT PLN UIP3B Gelar Uji Kompetensi Wartawan

×

Tahun Kedua Kolaborasi PWI Kalsel dan PT PLN UIP3B Gelar Uji Kompetensi Wartawan

Sebarkan artikel ini
Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kalimantan Selatan kembali menggelar uji kompetensi wartawan (UKW) angkatan XXII. (Kalimantanpost.com/devi)

BANJARBARU, Kalimantanpost.com – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kalimantan Selatan kembali menggelar uji kompetensi wartawan (UKW) angkatan XXII. Melalui kerjasama dengan PT PLN UIP3B Kalimantan, UKW kali ini diikuti 36 wartawan yang akan di uji pada 11-12 Juni 2024 mendatang.

Ketua PWI Kalsel, Zainal Helmie mengatakan melalui kegiatan pra-ukw ini penting bagi wartawan agar lebih mempersiapkan materi ketika akan mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) ini.

“Selain mempersiapkan peralatan dan keahlian untuk mengisi soal, perilaku yang sesuai dengan standar wartawan juga sangat penting dalam ujian nanti,” ujarnya.

Zainal mengingatkan jika para wartawan harus berpakaian rapi dan berperilaku baik selama mengikuti UKW dan terus menerapkan kode etik jurnalistik selama ujian.

“Hal ini merupakan bagian dari memenuhi persyaratan uji kompetensi,” ujarnya.

Selain itu kedisiplinan waktu, menjadi kunci selama pelaksanaan karena setiap Penguji memiliki kebijakan yang berbeda terkait keterlambatan.

“Saya masih memberi toleransi keterlambatan maksimal 15 menit, lebih dari itu peserta dianggap mengundurkan diri,” tambahnya.

Dalam uji kompetensi, wartawan dinilai melalui keahlian dalam menulis berita, pemahaamn tata krama, etika, kode etik jurnalistik, Undang Undang Ramah Anak, dan Undang Undang Pers sebelum mengikuti UKW.

Zaenal berharap semua wartawan yang mengikuti UKW angkatan XXII bisa lulus 100 persen, seperti yang dilaksanakan di kota Solo. UKW kali ini diikuti oleh total enam kelas, dengan rincian tiga kelas muda, dua kelas madya, dan satu kelas utama.

Sementara itu, Manajer Komunikasi dan TJSL PT PLN Unit Induk Penyaluran dan Pusat Pengatur Beban (UIP3B) Kalimantan, Sulistya Aji Wibowo mengatakan, kolaborasi ini adalah bentuk komitmen dalam mendukung peningkatan kompetensi wartawan di Kalimantan.

Baca Juga:  Kasus Sembuh di Kalsel Sudah Mendekati Seribu

“UKW ini sejalan dengan program inisiatif berkelanjutan pemerintah. Oleh sebab itu PLN memberikan dukungan bagi wartawan di Kalsel untuk meningkatkan kompetensinya. Agar ke depan bisa menghasilkan berita yang akurat, akuntabel dan berimbang,” jelasnya.

Melihat kesuksesan UKW sebelumnya, PLN kali ini memberikan dukungan bagi wartawan di Kalimantan Selatan untuk mengikuti UKW. Selain itu pada tahun 2024 dukungan ini diperluas dukungannya, mencakup pelaksanaan UKW di seluruh PWI di Kalimantan. Mulai dari Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat dan Kalimantan Timur.

“Peran media sangat penting bagi PLN. Salah satunya memberikan informasi aktual, akurat, terpercaya dan terkini, termasuk terkait dengan isu-isu di PLN. Peran media sangat penting dan menjadi salah satu stakeholder di PLN,” katanya. (Dev/KPO-3)

Iklan
Iklan