Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
BANUA KITAHulu Sungai Selatan

Temu Teknis Penyuluh dan Petani untuk Tingkatkan Kualitas Pertanian

×

Temu Teknis Penyuluh dan Petani untuk Tingkatkan Kualitas Pertanian

Sebarkan artikel ini
PEMBUKAAN- Temu teknis penyuluh dan petani dibuka Pj Bupati HSS Hermansyah di Pendopo rumah dinasnya. (KP/M Hidayat)

Kandangan, KP – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) melalui Dinas Pertanian, menggelar kegiatan pertemuan teknis penyuluh dan petani, Kamis (30/5/2024) di Pendopo Bupati HSS.

Penjabat (Pj) Bupati HSS Hermansyah, membuka kegiatan tersebut.

Kegiatan diikuti para penyuluh pertanian, petugas POPT, penyuluh petani swadaya, kelompok tani nelayan andalan (KTNA), perwakilan pengurus Gapoktan, kelompok tani (Poktan), serta para petani milenial.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten HSS Muhammad Noor menerangkan, kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas pelayanan penyuluh pertanian, terhadap petani dan kelembagaan tani dalam mengembangkan usaha tani.

“Penyuluh harus mampu memotivasi tumbuhnya minat pemuda Kabupaten HSS, untuk menjadi petani milenial, yang mampu mengintegrasikan pertanian dari hulu hingga hilir melalui konsep pertanian skala kecil yang berintegrasi dengan digitalisasi atau smart farming sebagai langkah meregenerasi kaum petani berusia lanjut,” tuturnya.

Ditambahkannya, penyuluh diharapkan dapat menghubungkan berbagai sektor yang perlu terintegrasi dengan kebijakan, program, dan kegiatan Dinas Pertanian.

Pj Bupati HSS Hermansyah mengatakan, kegiatan tersebut sangat bermanfaat untuk peningkatan produksi dan swasembada pangan di Kabupaten HSS.

“Melalui pertemuan ini, kami berharap dapat terwujud ketahanan pangan, kemandirian pangan, dan kedaulatan pangan. Sehingga pada akhirnya, akan lahir swasembada pangan sebagaimana harapan kita semua,” harap Pj Bupati. (tor/K-6)

Iklan
Baca Juga:  Wabup Pastikan Banjir DAS Nagara Segara Ditangani
Iklan