Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
HEADLINE

Workshop Metadata Statistik Sektoral

×

Workshop Metadata Statistik Sektoral

Sebarkan artikel ini
WORKSHOP METADATA - Pemkab Banjar gelar Workshop Metadata Statistik Sektoral, Senin (27/5). (Adv)

KADIS Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfostandi) HM Aidil Basith membuka Workshop Penyusunan Metadata Statistik Sektoral lingkup Pemkab Banjar yang diselenggarakan Bidang Statistik dan Persandian, di Ballroom Diamond Hotel Aston Banua, Kecamatan Gambut, Senin (27/5).

Aidil Basith mengatakan, metadata merupakan informasi yang memberikan deskripsi tentang data yang mencakup asal data, struktur, format dan kapan dibuat dan diperbarui.

“Metadata statistik sektoral menjadi ukuran sangat penting, supaya lebih baik lagi menjadi bahan bagi pimpinan untuk mengambil keputusan yang diperoleh dari perangkat daerah dan kecamatan,” katanya.

Basith berharap data disajikan dapat ditampilkan dengan benar, karena kesalahan data yang tidak lengkap atau tidak akurat, dapat mengakibatkan kerugian bagi produsen maupun pengguna data.

“Peserta workshop dari SKPD dan Kecamatan se-Kabupaten Banjar, dapat memperoleh ilmu dan pencerahan dari narasumber untuk dapat mengolah data yang benar dan lengkap agar semakin baik,” harapnya.

Narasumber dari Badan Pusat Statistik (BPS) Banjar Eddy Erwan Nopianoor menyampaikan tentang metadata statistik, mencakup strategi, proses identifikasi kegiatan statistik dan monitoring.

“Manfaat metadata, antara lain untuk mengukur kematangan penyelenggaraan dan strategi pembinaan statistik, meningkatkan tata kelola informasi, menyajikan data berkualitas dan memudahkan pencariannya,” kata Eddy.

BPS, lanjutnya, berperan melakukan asistensi, sehingga selanjutnya produsen atau unit pada instansi yang menghasilkan data dan walidata (instansi daerah yang melaksanakan pengumpulan, pemeriksaan dan pengelolaan data), dapat menyusunnya secara mandiri.

Narasumber lainya dari Dinas Kominfo Kalsel Ernawati memberikan materi tentang jenis-jenis metadata statistik, yakni metadata kegiatan, variabel dan indikator. (adv/K-2)

Iklan
Baca Juga:  Berhasil Sembuhkan 40 Orang Bersamaan, Begini Skema Karantina BPSDM Kalsel
Iklan