Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
OLAHRAGA

Belgia Bungkam Rumania 2-0, Persaingan Semakin Sengit di Grup E Piala Eropa 2024

×

Belgia Bungkam Rumania 2-0, Persaingan Semakin Sengit di Grup E Piala Eropa 2024

Sebarkan artikel ini
Gelandang Belgia evin De Bruyne merayakan gol kedua timnya bersama rekan setimnya penyerang Belgia Yannick Carrasco selama pertandingan sepak bola Grup E UEFA Euro 2024 antara Belgia dan Rumania di Stadion Cologne di Cologne pada Sabtu (22/6/2024). (Kalimantanpost.com/Antara/AFP)

JERMAN, Kalimantanpost.com – Persaingan semakin sengit terjadi di Grup E Piala Eropa 2024 menyusul kemenangan Belgia 2-0 atas Belgia dalam laga kedua Grup E dengan skor 2-0 atas Rumania di Stadion RheinEnergie, Cologne, Jerman, Minggu (23/6/2024) dini hari WIB.

Dua gol Belgia dicetak oleh Youri Tielemans pada menit ke-2 dan Kevin De Bruyne pada menit ke-80.

Hasil ini membuat keempat tim yakni Belgia, Rumania, Slovakia dan Ukraina sama-sama memiliki poin 3 dari sekali menang dan satu kali kalah.

Untuk menentukan tim yang lolos ke-16 besar dan tersingkir akan ditentukan di pertandingan terakhir Rabu (26/6) pukul 23.00 WIB antara Ukraina melawan Belgia dan Slovakia menghadapi Rumania.

Siapa yang memenangkan pertandingan memastikan diri merebut tiket ke putaran kedua.

Belgia yang membutuhkan kemenangan setelah kalah 0-1 dari Slovakia pada laga perdana, mengendalikan tempo permainan sejak awal.

Sang pelatih Dominico Tedesco membuat beberapa perubahan pada 11 pertamanya dibanding saat kalah 0-1 dari Slovakia pada laga perdana, salah satunya memainkan Tielemans sejak awal di posisi gelandang menggantikan Orel Mangala.

Hasilnya, gelandang milik Aston Villa itu menjawab pilihan sang pelatih dengan membuka keunggulan untuk Reds Devils pada menit-menit awal.

Pada menit ke-2, berawal dari umpan pendek Romelu Lukaku, tendangan keras dari luar kotak penaltinya merobek jala gawang Rumania yang dikawal Florin Nita. Belgia unggul cepat 1-0.

Rumania yang meraih kemenangan meyakinkan pada laga perdana tak tinggal diam. Dua menit setelah gol Tielemans, mereka memperoleh peluang melalui sundulan Radu Dragusin yang masih ditepis kiper Belgia Koen Casteels.

Belgia hampir menggandakan kedudukan saat Dodi Lukebakio mendapatkan peluang pada menit ke-18. Namun, sayangnya tendangan kaki kiri pemain Sevilla itu ketika sudah berhasil cut inside masih dipatahkan Nita.

Baca Juga:  Inggris Ditahan Denmark, Slovania Gagal Tumbangkan Serbia di Piala Eropa 2024

Belgia terus menggempur pertahanan Rumania untuk mencari gol kedua. Namun, tak kunjung juga mendapatkan gol.

Sementara hal yang sama juga bernasib untuk Rumania yang usahanya dengan ciri khas serangan transisi menyerang cepat masih nihil menemukan gol penyama kedudukan. Babak pertama pun berakhir dengan skor 1-0 untuk keunggulan Belgia.

Rumania memulai babak kedua dengan baik melalui tendangan keras Dennis Man yang masih diamankan oleh Casteels pada menit ke-46.

Tiga menit setelahnya, melalui skema seranga cepat, Tricolorii kembali menaklukkan pertahanan Belgia. Namun, kali ini tendangan kaki kiri Valentin Mihaila masih melambung.

Belgia tak tinggal diam dimana melalui De Bruyne memiliki dua peluang gol pada menit ke-51 dan ke-54 yang sayangnya masih melebar tipis dan diselamatkan Nita.

Jeremy Doku tak ingin ketinggalan mengancam gawang Rumania ketika tendangan yang berawal dari aksi individualnya masih menyamping dari gawang.

Pada menit ke-63, Romelu Lukaku menggandakan keunggulan Belgia saat memanfaatkan umpan terobosan De Bruyne. Namun, seperti halnya melawan Slovakia, nasibnya kembali tak beruntung karena golnya dianulir karena offside.

Kegagalan Belgia dalam mencetak gol kedua hampir dihukum Rumania yang mencuri kesempatan gol setelah Amadou Onana melakukan kesalahan umpan pada menit ke-68. Namun, beruntung Casteels kembali melakukan penyelamatan dengan memenangi duel satu lawan satunya dengan Dennis Man.

Gol kedua yang ditunggu Belgia akhirnya lahir pada menit ke-80. Berawal dari tendangan Casteels dari garis pertahanan, bola lambungnya menemui De Bruyne yang berhadapan dengan Dragusin sebagai orang terakhir sebelum kiper.

Pemain Manchester City itu pun memenangi duelnya dengan Dragusin sebelum menaklukkan Nita untuk kedua kalinya dan membawa Belgia unggul 2-0 yang bertahan hingga akhir laga. (Ant/ful/KPO-3)

Baca Juga:  Jerman Lolos ke 16 Besar, Skotlandia Buka Asa ke Putaran Kedua Usai Tahan Swiss 1-1 di Piala Eropa 2024

Hasil Pertandingan
Grup E
Jumat (21/6) malam

  • Slovakia vs Ukraina 1-2

Minggu (23/6) dinihari

  • Belgia vs Rumania 2-0

Jadwal Pertandingan
Rabu (26/6) pukul 23.00 WIB

  • Ukraina vs Belgia
  • Slovakia vs Rumania

Klasemen Sementara

  1. Rumania 2 1 0 1 3-2 3
  2. Belgia 2 1 0 1 2-1 3
  3. Slovakia 2 1 0 1 2-2 3
  4. Ukraina 2 1 0 1 2-4 3

Iklan
Iklan