Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Banjarmasin

DLH Himbau Jangan Pakai Kantong Plastik Bungkus Daging Qurban

×

DLH Himbau Jangan Pakai Kantong Plastik Bungkus Daging Qurban

Sebarkan artikel ini
SIAP DIBAGIKAN- Inilah bakul purun yang siap dibagikan ke panitia kurban di Banjarmasin. (KP/Tangkapanlayar)

Pemko Banjarmasin juga sudah mengeluarkan surat edaran (SE) terkait kurban tanpa kantong plastik ini agar merubah pola fikir masyarakat untuk tidak menggunakan kantong plastik lagi

BANJARMASIN, KP – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Banjarmasin menyampaikan himbauan untuk tidak memakai kantong plastik untuk membungkus pembagian daging hewan kurban.

Kepala DLH Kota Banjarmasin, Alive Yoesfah melalui Kabid Pengelolaan Sampah, Marzuki mengatakan, penggunaan kantong plastik sekali pakai selain mencemari lingkungan, tapi membahayakan kesehatan.

“ Himbauan ini kami sampaikan sekaligus dalam upaya kita mengurangi pemakaian kantong plastik,” ujarnya kepada {KP} Kamis (6/6/2024).

Dikatakan Marzuki yang akrab disapa Zak ini mengurangi penggunaan kantong plastik dalam pembagian daging qurban sudah disampaikan himbauan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Dalam himbauannya KLHK menerbitkan Surat Edaran Nomor : 4/MENLHK/PSLB3/ PLB.2/6/2022 tentang Pelaksanaan Hari Raya Idul Adha Tanpa Sampah Plastik.

{{Bagikan Bakul Purun}}

Menurut Zak menjelang Hari Idul Adha 1445 Hijriah tahun ini DLH Kota Banjarmasin siap membagikan bakul purun untuk dibagikan seperti dilaksanakan pengurus masjid au musholla.

“Kami telah menyiapkan sekitar 2000 bakul purun untuk dibagikan ke panitia kurban untuk persiapan menghadapi Idul Adha 1445 H,” ujarnya seraya menambahkan pembagian bakul purun sama dilaksanakan tahun lalu.

Menurutnya, karena bakul purun yang akan dibagikan terbatas dihimbau setiap panitia ibadah qurban menyiapkan sendiri pembungkus daging hewan qurban yang ramah lingkungan.

Menurut Kepala DLH Banjarmasin, Alive Yoesfah Love, hal itu dilakukan agar masyarakat tak lagi menggunakan kantong plastik untuk membungkus daging kurban.

“Kita akan bagikan bakul purun ke pengelola atau panitia kurban di masjid. Sesuai tema kita tahun ini yakni ‘Kurban Asik Tanpa Kantong Plastik’,” ungkap Alive.

Baca Juga:  Dewan Minta Bekas Proyek Pekerjaan Galian Dikembalikan Mulus

Dikatakannya, program tersebut merupakan program tahunan untuk mengurang pemakaian kantong plastik . Karena itulah, diminta dan dihimbau mengimbau masyarakat Kota Seribu Sungai untuk mengurangi penggunaan kantong plastik untuk membungkus daging kurban.

“Kita juga membuat surat edaran (SE) terkait kurban tanpa kantong plastik ini,” imbuhnya. Dengan adanya hal ini, ia pun berharap dapat merubah pola fikir masyarakat untuk tidak menggunakan kantong plastik lagi. (nid/K-3)

Iklan
Iklan