Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Martapura

DPRD Pamekasan Belajar Pelaksanaan Inovasi Daerah

×

DPRD Pamekasan Belajar Pelaksanaan Inovasi Daerah

Sebarkan artikel ini
BELAJAR INOVASI - DPRD Pamekasan belajar pelaksanaan inovasi daerah di Kabupaten Banjar. (KP/Wawan)

Martapura, KP – Pemkab Banjar melalui Bappedalitbang menerima kunjungan kerja Komisi III DPRD Kabupaten Pamekasan, di aula Bauntung, Martapura, Jumat (21/06/2024).

Rombongan DPRD Pamekasan dipimpin Wakil Ketua DPRD H Hermanto disambut Sekretaris Bappedalitbang Hanafi didampingi Kepala Bidang Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Nuri Ansyari.

Hanafi mengatakan, pihaknya menyambut baik kunker ini. Dia berharap bisa berbagi pengalaman dan saling belajar untuk pembangunan di masing-masing daerah.

Hermanto menyampaikan maksud kegiatan kunjungan pihaknya, yakni terkait fasilitasi untuk mendukung, mendorong serta menciptakan pelaksanaan inovasi di Kabupaten Banjar sebagai bahan perbandingan untuk belajar bagaimana pengelolaan inovasinya.

Nuri Ansyari menjelaskan, di tahun 2024 ada 7 kegiatan inovasi dilakukan, salah satunya Laboratorium Inovasi Daerah.

“Ini bentuk kerjasama antara Pemkab Banjar bersama Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI melalui 5 D, yaitu drum up, diagnose, design, deliver, display dan dokumentasi. Bersama LAN kita menggali inovasi ASN dan masyarakat,” kata Nuri.

“Kami melakukan monitoring melibatkan tim dengan turun kelapangan langsung untuk mengevaluasi sejauh mana implementasi penerapan inovasi di lapangan, kendala yang ada dan inovasi tersebut terus dievaluasi agar terjaga selama dua tahun,” tambahnya.

Selain itu, di Kabupaten Banjar juga dibentuk Tim Inovasi Daerah guna memantau kegiatan inovasi di SKPD, selanjutnya ada Klinik Inovasi, melaksanakan kegiatan Bimtek dan Workshop serta menggelar Lomba Inovasi di Daerah melalui INTAN (Inovasi Tangguh dan Andalan) Kabupaten Banjar yang diikuti ASN SKPD dan masyarakat umum dengan berbagai kriteria.

Kegiatan kunker tersebut dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab. (Wan/K-3)

Iklan
Baca Juga:  Bupati Beri Bantuan Korban Kebakaran Pematang Panjang
Iklan