Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
OLAHRAGA

Kolombia Pimpin Grup D, Brazil Ditahan Kosta Rika di Copa America 2024

×

Kolombia Pimpin Grup D, Brazil Ditahan Kosta Rika di Copa America 2024

Sebarkan artikel ini
-Kolombia menang 2-1 melawan Paraguay dalam pertandingan pertama Grup D Copa America di NRG Stadium Houston, Texas. (Antara /AF)

TEXAS, Kalimantanpost.com – Kolombia untuk sementara memimpin Grup D di Copa America 2024 setelah menumbangkan Paraguay 2-1 di NRG Stadium Houston Texas, Selasa (25/6) WIB.

Paraguay memperoleh poin 3 dari sekali menang, sedangkan Paraguay menempati juru kunci dengan poin nol.

Sementara itu salah tim unggulan Grup D, Brazil ditahan imbang Kosta Rika 0-0. Dengan poin satu, Brazil menempati posisi kedua dan Kosta Rika diperingkat ketiga.

Kemenangan Kolombia atas Paraguay tak lepas aksi
Rodriguez mengkreasikan dua gol bagi timnya. Gelandang berusia 32 tahun ini, memberikan assist untuk gol pembuka Kolombia pada menit ke-32.

Setelah menemukan ruang di sisi kiri, Rodriguez mengirim umpan silang yang tepat ke tiang jauh, di mana Daniel Munoz menyambutnya dengan sundulan keras yang mengecoh kiper Paraguay, Rodrigo Morinigo, dan membuat skor menjadi 1-0.

Sepuluh menit kemudian, Colombia menggandakan keunggulan mereka dan lagi-lagi gol tersebut dihasilkan dari kaki kiri Rodriguez. Kali ini, gol datang dari sisi yang berlawanan, dengan Rodriguez mengayunkan tendangan bebas yang disambut sundulan gelandang Crystal Palace, Jefferson Lerma, yang mengubah skor menjadi 2-0 di menit 42 dan keunggulan tetap terjaga hingga turun minum.

Kolombia terus menciptakan peluang di babak kedua, namun Paraguay membuat akhir pertandingan menjadi menegangkan setelah Julio Enciso yang merupakan pemain Brighton and Hove Albion mencetak gol pada menit ke-69.

Ramon Sosa mengirim umpan dari sisi kiri dan Enciso memanfaatkan kelengahan pertahanan Kolombia untuk melepaskan tendangan voli pertama yang bersarang di sudut bawah gawang Camilo Vargas. Kendati demikian, Kolombia berhasil mengontrol permainan setelah kebobolan satu gol dari Paraguay dan tetap menjadi tim yang lebih mengancam.

Baca Juga:  Wahyu alami peningkatan

Tim asuhan Nestor Lorenzo bahkan mengira mereka mendapat penalti pada menit ke-84 ketika umpan silang Rodriguez ke dalam kotak penalti diakhiri dengan Yerry Mina yang tampak dijatuhkan oleh Gustavo Velazquez. Namun, keputusan penalti yang diberikan oleh wasit Argentina, Dario Herrera, dibatalkan setelah tinjauan VAR.

Dengan kemenangan ini, Kolombia memperpanjang rekor tak terkalahkan mereka menjadi 24 pertandingan, sekaligus memberikan kepercayaan diri tinggi menjelang laga-laga berikutnya di turnamen sepakbola terbesar di Benua Amerika.

Sementara itu, Brazil memulai turnamen Copa America dengan kekecewaan setelah ditahan imbang tanpa gol oleh Kosta Rika dalam pertandingan pembuka Grup D Copa América yang berlangsung di SoFi Stadium Los Angeles, Selasa WIB.

Brasil mendominasi penguasaan bola dengan unggul 74 persen namun kurang tajam di depan gawang, dengan hanya tiga tembakan tepat sasaran dari total 19 tembakan yang dilesakkan.

Mereka frustrasi oleh pertahanan tangguh Kosta Rika yang menumpuk lima pemain di belakang, berusaha membatasi ruang bagi penyerang Brasil. Strategi ini terbukti efektif meskipun tim asuhan Gustavo Alfaro beberapa kali berada dalam situasi berbahaya.

Raphinha memiliki peluang emas di awal pertandingan setelah menerima umpan panjang dari Rodrygo, namun kiper Kosta Rika, Patrick Sequeira, dengan cepat keluar dari sarangnya untuk menghalau ancaman tersebut.

Brazil sempat mendapat harapan akan gol di menit ke-30 ketika tendangan bebas yang diteruskan oleh Rodrygo jatuh di jalur Marquinhos, yang kemudian menyontek bola ke tiang jauh. Namun, gol tersebut dianulir karena offside setelah peninjauan VAR.

Dominasi Brazil berlanjut setelah jeda dan Lucas Paquetá nyaris mencetak gol melalui tembakan jarak jauh yang membentur tiang pada menit ke-63, sebelum tendangan keras Guilherme Arana diselamatkan dengan gemilang oleh Sequeira.

Baca Juga:  Agus Febrianto kukuhkan Portina Balangan

Pelatih Dorival Junior memasukkan pemain muda Endrick dan Sávio pada menit ke-70 dalam upaya Brazil mencari gol kemenangan, namun dua tembakan Paqueta melenceng di sepuluh menit terakhir, sehingga juara Copa America sembilan kali itu gagal memecah kebuntuan.

Penyerang Brasil Neymar absen karena cedera ligamen anterior, dan hanya menyaksikan timnya bermain tanpa gol dari tribun.

Kolombia akan menghadapi Kosta Rika dalam pertandingan kedua mereka di turnamen ini pada Sabtu (29/6), sebelum menutup kampanye putaran pertama mereka melawan Brascil pada 2 Juli.(Ant/KPO-3)

Hasil Pertandingan
Grup D
Selasa (25/6)

  • Kolombia vs Paraguay 2-1
  • Brazil vs Kosta Rika 0-0

Klasemen Sementara

  1. Kolombia 1 1 0 0 2-1 3
  2. Brazil 1 0 1 0 0-0 1
  3. Kosta Rika 1 0 1 0 0-0 1
  4. Paraguay 1 0 0 1 1-2 0
Iklan
Iklan