Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
BalanganBANUA KITA

Pemkab Balangan Peringati Hari Lahir Pancasila

×

Pemkab Balangan Peringati Hari Lahir Pancasila

Sebarkan artikel ini
PENGIBARAN - Bendera Merah Putih dalam upacara peringatan Hari Lahir Pancasila 2024 di Kabupaten Balangan. (KP/Srd)

Balangan, KP – Pemerintah daerah kabupaten Balangan setiap tanggal 1 Juni peringati lahirnya Pancasila dengan menggelar upacara di Halaman Kantor Bupati Balangan. Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila yang mengusung tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045” dipimpin Dandim 1001/HSU-Balangan, Letkol Kav Gunantyo Ady Wiryawan, Sabtu (01/06/2024). Dengan dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Balangan, Unsur Forkopimda, ASN dan non ASN di lingkup Pemerintah Kabupaten Balangan serta para pelajar.

Letkol Kav Gunantyo Ady Wiryawa dalam membacakan amanat Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila menyampaikan, Pancasila adalah simbol pemersatu dari segala perbedaan suku, agama, budaya dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat.

Dia juga menekankan kepada seluruh peserta upacara untuk menjadikan Pancasila sebagai landasan dalam bertindak dan berinteraksi.

“Dalam momentum yang sangat bersejarah ini, saya mengajak komponen bangsa di mana pun berada untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,” ajaknya.

Lebih lanjut disampaikannya, dengan semangat Pancasila yang kuat, saya yakin seluruh tantangan yang akan dihadapi bangsa Indonesia akan dapat diatasi. Terlebih, di tengah krisis global yang terjadi, Indonesia berhasil menjaga stabilitas ekonomi, sosial, dan politik. Keberhasilan tersebut tentu merupakan sumbangsih gotong royong seluruh anak bangsa dengan ideologi Pancasila sebagai fondasi dasarnya. “Karenanya kita juga patut bersyukur dan bangga bahwa bangsa Indonesia telah terbukti menjadi bangsa yang dewasa, dewasa dalam berdemokrasi, berbangsa, dan bernegara. Kita harus bersyukur dan berbangga telah melewati Pemilihan Umum yang demokratis secara aman dan damai demi tegaknya kedaulatan rakyat, konstitusi serta persatuan dan kesatuan bangsa” imbuhnya.

Mengakhiri pidato ini, Dandim mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama bergotong royong merawat anugerah Pancasila melalui peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni.

Baca Juga:  Ormas Bersama Aparat Sepakat Perangi Faham Radikal

“Kita harus bekerja sama dan berkolaborasi menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila. Semoga peringatan Hari Lahir Pancasila ini dapat memompa semangat kita semua untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia,” pungkasnya. (srd/K-6)

Iklan
Iklan