Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Banjarmasin

Resmi Ditutup, 35 Peserta UKW XXII PWI Kalsel Dinyatakan Kompeten

×

Resmi Ditutup, 35 Peserta UKW XXII PWI Kalsel Dinyatakan Kompeten

Sebarkan artikel ini
FOTO BERSAMA - Penguji dan peserta UKW angkatan XXII PWI Kalsel foto bersama usai penutupan kegiatan. (Opiq/Kalimantanpost.com)

BANJARMASIN, Kalimantanpost.com – Persatuan Wartawan Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan (PWI Kalsel) sukses menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan XXII tahun 2024.

Pada UKW yang digelar selama dua hari 11-12 Juni 2024 di Banjarmasin ini, sebanyak 35 wartawan dari berbagai media cetak dan online di Banua dinyatakan lulus dan kompeten. Dari 35 peserta UKW ini, terdiri dari 5 wartawan jenjang utama, 12 wartawan madya, dan 18 wartawan muda.

Anggota Dewan Kehormatan PWI Pusat, Fathurrahman mengatakan mereka yang telah lulus ini pada dasarnya sudah terbiasa menjalankan kode etik jurnalistik dalam bertugas.

“Ini merupakan pencapaian teman-teman wartawan yang mau dan kemudian sungguh-sungguh dalam mengikuti uji kempentensi ini,” ujar penguji wartawan jenjang utama ini usai menutup kegiatan UKW XXII PWI Kalsel, Rabu (12/6/2024).

Ketua PWI Kalsel periode 2007 hingga 2017 ini juga mengingatkan, bagi mereka yang lulus agar terus meningkatkan kualitas karya jurnalistiknya sehingga media juga dapat tumbuh, sesuai kompetensi yang sudah dicapai.

“Dan yang paling penting adalah bagaimana karya jurnalistik memahami tentang apa yang menjadi kepentingan publik terhadap pers,” ucap Fathurrahman.

Bahkan, lanjutnya lagi, banyak juga stakeholder memerlukan kritikan dari pers. “Itulah saya kira fungsi-fungsi yang dijalankan oleh teman-teman yang bekerja di dalam jurnalistik ini,” katanya.

Tak lupa dirinya mengingatkan para wartawan agar terus menjaga etika dalam menjalankan tugas sehari-hari.

“Mudah-mudahan kita juga sama-sama menjaga marwah jurnalisme ini, sehingga akan terus menjaga trust atau kepercayaan publik atas informasi dan karya jurnalistik yang dibaca, ditayangkan serta diakses oleh masyarakat,” pungkas Fathurrahman.

Sementara itu, salah satu peserta pada jenjang utama UKW XXII PWI Kalsel, Doni Usman mengaku sangat lega setelah menyelesaikan ujian hingga dinyatakan kompeten. Ia juga memuji pelaksanaan UKW yang dinilainya semakin baik dan memuaskan dari tahun ke tahun. (Opq/KPO-1)

Baca Juga:  PWI Pusat Gelar Lomba"Puisi Multimedia 2024"

Iklan
Iklan