Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
OLAHRAGA

Swiss Tim Keempat Lolos Usai Tahan Jerman 1-1, Hungaria Tunggu Hasil Lain di Piala Eropa 2024

×

Swiss Tim Keempat Lolos Usai Tahan Jerman 1-1, Hungaria Tunggu Hasil Lain di Piala Eropa 2024

Sebarkan artikel ini
Penyerang Jerman Niclas Fuellkrug (kanan) merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Swiss pada pertandingan Grup A Piala Eropa 2024 melawan Swiss di Frankfurt Arena, Frankfurt, Minggu (23/6/2024). (Kalimantanpost.com/Antara/AFP)

JERMAN, Kalimantanpost.com – Swiss menjadi tim keempat yang lolos ke-16 besar Piala Eropa 2024 usai menahan imbang tuan rumah Jerman pada pertandingan terakhir Grup A yang dimainkan di Frankfurt Arena, Frankfurt, Jerman, Senin (24/6/2024) dini hari WIB.

Sebelumnya, tuan rumah Jerman, Spanyol dan Portugal lebih dulu melaju ke putaran kedua.

Tambahan satu poin, Swiss menjadi runner up Grup A dengan poin 5 dari sekali menang dan dua kali seri, sedangkan Jerman tetap di puncak klasemen dengan poin 7 dari dua kali menang dan satu kali seri.

Di pertandingan lainnya Grup A, kejutan dibuat Hungaria yang berhasil menumbangkan Skotlandia dengan skor 1-0.

Walau pun meraih tiga poin, nasib Hungaria untuk lolos ke-16 besar melalui jalur peringkat ketiga terbaik masih menunggu hasil pertandingaan lainnya grup lain.

Dengan demikian, Swiss menghadapi lawan yang lebih berat di putaran 16 besar. Mereka berpeluang bertemu juara bertahan Italia atau finalis Piala Dunia 2018 Kroasia.

Jerman akan bertemu tim peringkat kedua Grup C, yang saat ini dihuni oleh Denmark.

Tuan rumah turnamen Jerman menuju pertandingan ini dengan nuansa optimistis mampu mengakhiri satu dekade menelan kekecewaan di turnamen utama. Mereka dua kali terdepak di fase grup Piala Dunia serta tersingkir di putaran 16 besar Piala Eropa terakhirnya.

Dipimpin oleh para gelandang berpengalaman seperti Ilkay Gundogan dan Toni Kroos, Jerman menang atas Skotlandia dan Hungaria pada dua pertandingan pertamanya di Piala Eropa tahun ini. Namun Jerman kewalahan menghadapi energi Swiss dan gagal menciptakan peluang-peluang bersih ke gawang Swiss.

Pada awal laga, Jerman tampil dengan baik dan menciptakan beberapa peluang setelah mengandalkan bola-bola panjang untuk mengatasi tekanan lini tengah Swiss.

Baca Juga:  Turki Tantang Belanda di Perempatfinal Piala Eropa 2024

Robert Andrich terlihat akan membawa Jerman memimpin pada menit ke-16 ketika Yann Sommer gagal mengantisipasi tendangan jarak jauhnya. Namun gol itu tidak disahkan karena VAR mendapati bahwa Jamal Musiala melakukan pelanggaran pada proses terjadinya gol.

Justru Swiss yang memecah kebuntuan pada menit ke-28, dengan memanfaatkan kelengahan Musiala dan Joshua Kimmich.

Musiala kehilangan bola di area pertahanan sendiri untuk membuat Swiss dapat melancarkan serangan balik. Kimmich sempat menguasai bola sebelum kemudian terlepas dan membuat Remo Freuler dapat menyodorkan bola kepada Dan Ndoye untuk dikonversi menjadi gol pembukaan bagi Swiss.

Ini merupakan pertama kalinya Jerman tertinggal pada Piala Eropa 2024, dan gol itu kemudian seperti melecut semangat Jerman yang semakin aktif menyerang pada sepanjang sisa babak pertama.

Jerman mengandalkan serangan yang sama setelah turun minum ketika pelatih mereka Julian Nagelsmann melakukan sejumlah pergantian pemain, tetapi tuan rumah hanya mampu menciptakan beberapa peluang bersih saat berhadapan dengan Swiss yang disiplin bertahan untuk mengamankan keunggulannya.

Bek Manchester City Manuel Akanji melakukan blok penting untuk mencegah Kimmich melesakkan bola dari jarak dekat saat laga menyisakan 20 menit.

Nagelsmann memasukkan Fuellkrug untuk menggantikan Musiala pada menit ke-76, dan penyerang Borussia Dortmund itu kemudian menjadi penyelamat pada menit ke-92 saat ia menanduk umpan silang David Raum yang berbuah gol.

Di pertandingan lainnya, Hungaria menaklukkan Skotlandia dengan skor 1-0, pada pertandingan terakhir Grup A di Stuttgart Arena, Stuttgart, Senin dini hari WIB.

Pelatih Skotlandia Steve Clarke melakukan satu perubahan ketika Scott McKenna menggantikan Kieran Tierney, yang harus ditarik keluar lapangan saat mereka bermain imbang 1-1 dengan Swiss.

Sedangkan Hungaria tiba di Piala Eropa dengan ekspektasi yang tinggi setelah menjalani 14 pertandingan tanpa terkalahkan sejak November 2022 sampai Maret tahun ini. Mereka juga mampu mengalahkan Inggris dua kali pada UEFA Nations League terakhirnya, serta menaklukkan Jerman pada laga tandang.

Baca Juga:  Tim Samarinda, PTC juara umum Futsal Paman Birin Cup 2022

Namun dua kekalahan beruntun telah menghantam kepercayaan diri Hungaria, dan membuat pasukan Marco Rossi perlu menaklukkan Skotlandia untuk memelihara harapan lolos ke fase grup.

Kiper Skotlandia Angus Gunn harus bekerja keras untuk menjauhkan bola Bendeguz Bolla yang mengancam gawangnya, sedangkan Styles dan Willi Orban mendapat kartu kuning saat akibat melanggar McGinn pada babak pertama yang berlangsung sengit tetapi tidak banyak menghasilkan peluang.

Hal itu terjadi sampai Che Adams melakukan pelanggaran untuk membuat Hungaria mendapatkan tendangan bebas. Tendangan bebas itu diambil oleh Dominik Szoboszlai ke tiang jauh untuk disundul Orban mengenai mistar gawang.

Szoboszlai melepaskan tembakan keras yang tidak berbuah gol, dan baru pada menit ke-53 Skotlandia mampu mencatatkan tembakan ke gawang Hungaria.

Pemain Hungaria Barnabas Varga mengalami insiden mengerikan saat ia berduel Anthony Ralston untuk menyambut tendangan bebas, dan membuat dirinya terjatuh dengan punggung menghantam tanah terlebih dahulu.

Kejadian itu membuat pertandingan harus ditunda sementara untuk membuat Varga bisa mendapat perawatan medis, sebelum ia kemudian ditandu keluar lapangan.

Ofisial keempat mengindikasikan tambahan waktu empat menit, yang membuat kedua tim semakin bersemangat memburu gol penentu kemenangan.
Kiper Skotlandia Angus Gunn berhasil menggagalkan ancaman dari Andras Schafer dan Szoboszlai, sebelum upaya Csoboth membentur tiang gawang.

Bek Skotlandia Grant Hanley memiliki peluang yang dapat ditepis kiper Peter Gulacsi, sebelum Hungaria mengamankan gol penentu kemenangan pada menit ke-100 ketika Csoboth menyambar umpan tarik untuk menaklukkan Gunn. (Ant/ful/KPO-3)

Hasil Pertandingan
Grup A

Sabtu (15/6/2024)

  • Jerman vs Skotlandia 5-1
  • Swiss vs Hungaria 3-1

Kamis (20/6)

  • Jerman vs Hungaria 2-0
  • Skotlandia vs Swiss 1-1

Senin (24/6) dinihari

  • Hungaria vs Skotlandia 1-0
  • Swiss vs Jerman 1-1
Baca Juga:  Swiss Kuntit Jerman Usai Taklukkan Hungaria 3-1

Klasemen Akhir
Grup A

  1. Jerman 3 2 1 0 8-2 7
  2. Swiss 3 1 2 0 5-3 3
  3. Hungaria 3 1 0 2 2-5 3
  4. Skotlandia 3 0 1 2 2-7 1

Iklan
Iklan