Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
BANUA KITAKotabaru

Upacara Hari Lahir Pancasila Di Hari Jadi Kotabaru Ke 74

×

Upacara Hari Lahir Pancasila Di Hari Jadi Kotabaru Ke 74

Sebarkan artikel ini
KP/Andi

Kotabaru, KP – Bertepatan Hari lahir Pancasila, dan Hari ulang tahun Kabupaten Kotabaru 1 juni, Pemerintah Kabupaten Kotabaru menggelar Upacara Hari Lahir Pancasila di Halaman Ex Kantor Bupati Kotabaru pada Sabtu pagi, dengan memakai pakaian adat Suku Banjar, Baju Baamar Galung Pancar Matahari.

dihadiri Bupati Kotabaru H. Sayed Jafar, SH, Yang pada Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024, mengangkat tema, Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2025, Dengan Inspektur Upacara Kodim 1004 Kotabaru Letkol Inf Deden Ika Drajat, S.A.P.

Selain Bupati Kotabaru, hadir juga Wakil Bupati Kotabaru, Ketua dan Wakil Ketua DPRD Kotabaru, Sekretaris Daerah Kotabaru, segenap unsur Forkopimda, Ketua TP. PKK Kotabaru, Ketua DWP Kotabaru, dan SKPD.

Sementara peserta upacara, dari anggota TNI-Polri, ASN hingga Mahasiswa dan Pelajar di Kotabaru.

Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia Yudian Wahyudi dalam sambutannya yang dibacakan Komandan Kodim 1004 Kotabaru, Letkol Inf Deden Ika Drajat., S.A.P mengatakan, Di dalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai-nilai inklusitivitas, toleransi, dan gotong-royong, keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional, Bhinekka Tunggal Ika.

Dalam momentum yang sangat bersejarah ini, saya mengajak komponen bangsa dimana pun berada untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Pancasila merupakan ideologi dasar Bangsa Indonesia.

Pancasila harus senantiasa kita jiwai dan pedomani agar menjadi ideologi yang bekerja, dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesia. Selain regulasi yang berlandaskan pada semangat dan jiwa Pancasila, kita juga perlu keteladanan yang tercermin dari etika, integritas, dan karakter para pemimpin dan rakyat Indonesia.

Baca Juga:  Balitbangda Balangan Gelar Workshop Indeks Inovasi Daerah

Perkembangan situasi global yang ditandai dengan kemajuan teknologi komunikasi yang begitu pesat menjadi tantangan tersendiri bagi bangsa Indoensia. Pancasila diharapkan menjadi filter agar Bangsa Indonesia tidak mengalami disorientasi di masa depan. Pesatnya kemajuan teknologi informasi saat ini yang ditandai dengan masifnya penggunaan teknologi dan ponsel pintar (smartphone) dalam mengakses informasi melalui beragam media, harus dapat dimanfaatkan secara bijaksana untuk menyiarkan konten-konten dan narasi positif yang mencerminkan aktualisasi nilai-nilai Pancasila ditengah kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Mari kita mengharus utamakan Pancasila dengan metode dan cara-cara kekinian dalam menyongsong bonus Demografi yang akan menempatkan kaum milenial dan gen-z sebagai pelaku utama pembangunan bangsa.

Dengan semangat Pancasila yang kuat, saya yakin seluruh tantangan yang akan dihadapi bangsa Indonesia akan dapat diatasi. Terlebih, ditengah krisis global yang terjadi Indonesia berhasil menjaga stabilitas ekonomi, sosial dan politik. Keberhasilan tersebut tentu merupakan sumbangsih gotong-royong seluruh anak bangsa indonesia dengan ideologi Pancasila sebagai fondasi dasarnya”, Paparnya.

Upacara juga diisi dengan Pemotongan Tumpeng oleh Bupati Kotabaru dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Kotabaru ke- 74 yang juga jatuh pada tanggal 01 Juni. Dan Launching Peluncuran Logo Akses Sa-Ijaan (Anak Kotabaru Semua Sekolah) dalam mengsukseskan program Penanganan Anak Tidak Sekolah di Kabupaten Kotabaru yang ditandai dengan pelepasan balon, Serta dilanjutkan dengan Penandatanganan Dukungan dan Komitmen bersama dalam Program Penanganan Anak Tidak Sekolah di Kabupaten Kotabaru, dimana Penandatanganan Kesepakatan Bersama antara Pemerintah Kabupaten Kotabaru dengan Kemen Kum Ham dengan Bupati Kotabaru bersama Kepala Divisi Penasyarakatan Kemen Kum Ham Provinsi Kalimantan Selatan dan Penandatanganan Nota Kesepakatan Kotabaru terhadap Dukungan Pelaksanaan PSDKU antara Bupati Kotabaru dengan Universitas Lambung Mangkurat.

Baca Juga:  Tim Penilai P2WKSS Sambangi Desa Alat

Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Pemerintah Kabupaten Kotabaru dengan Universitas Lambung Mangkurat antara Sekretaris Daerah Kotabaru dengan Wakil Rektor ULM Bidang Sarjana ULM.

Dilanjutkan dengan Penyerahan Piagam Penghargaan kepada Bupati Kotabaru H. Sayed Jafar Alaydrus, SH sebagai Anggota Kehormatan Paralayang Indonesia atas Dedikasi dan Dukungan Terhadap Olahraga Digantara Paralayang di Kabupaten Kotabaru yang diserahkan oleh Ketua Komite Paralayang Asgaf Umar.

Kemudian dilanjutkan dengan Penyerahan-penyerahan Penghargaan dari Bupati Kotabaru kepada Sekolah Adiwiyata Tingkat Nasional, SMKN 1 Kotabaru, SMAN 1 Pulau Laut Timur, SMP Indocement Tarjun dari Kementrian LHK RI dan penghargaan Kinerja Tenaga Kesehatan Teladan (Dokter) Kepada DR. Mohammad Iqbal Kinerja Tenaga Kesehatan Teladan (Dokter Gigi) kepada DRG. I Made Boddy Duta Prasetya, Kinerja Tenaga Kesehatan Teladan (Perawat) kepada Amrullah, AMK, Kinerja Tenaga Kesehatan (Bidan) kepada Ida Ayu Dwi Lismawaty, M. SSIT, Kinerja Tenaga Kesehatan Teladan (Promosi Kesehatan) kepada Aan Karnadi Yusuf, SKM , Kinerja Tenaga Kesehatan Teladan (Sanitarian) kepada Norma Yulita,AMD. LL, Kinerja Tenaga Kesehatan Tekadan (ATLM) kepada Hadri, A. Md, AK. Tenaga Kinerja Kesehatan (Nutrisionis) kepada Suryawandani, Kinerja Tenaga Kesehatan (Farmasi) kepada Dewi Maria Kusmawati Siregar.

Dan penghargaan Lomba Desa, Juara I diraih Desa Sungai Kupang Kecamatan Kelumpang Selatan, Juara II Desa Pulau Kerayaan Kecamatan Pulau Laut Kepulauan, Juara III diraih Desa Banua Lawas Kecamatan Kelumpang Hulu.

Penghargaan Bagian Pemerintahan Setda Kotabaru untuk Penilaian Kinerja, Terbaik I diraih Kecamatan Pulau Laut Sigam, Terbaik II Kecamatan Kelumpang Selatan, Terbaik III Kecamatan Pulau Laut Utara.

Selanjutnya, Bagian Organisasi untuk Penilaian Kinerja Perangkat Daerah dengan Peringkat I diraih Inspektoraf, Peringkat II Dinas Pendidikan dan Kebudayaa, Peringkat III Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga. (and/K-6)

Iklan
Iklan