Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
OLAHRAGA

Bermain 10 Orang Kolombia Kalahkan Uruguay 1-0, Ketemu Argentina di Final Copa America 2024

×

Bermain 10 Orang Kolombia Kalahkan Uruguay 1-0, Ketemu Argentina di Final Copa America 2024

Sebarkan artikel ini
- Jefferson Lerma dari Kolombia merayakan bersama rekan satu timnya setelah mencetak gol pertama tim pada pertandingan semifinal CONMEBOL Copa America 2024 antara Uruguay dan Kolombia di Stadion Bank of America pada Rabu (10/7/2024) di Charlotte, Carolina Utara. (Antara/Getty Images/AFP)

AMERIKA SERIKAT, Kalimantanpost.com – Bermain 10 orang Kolombia mengalahkan Uruguay 1-0 sekaligus melangkah ke final Copa America 2024.

Gol kemenangan Uruguay dibuat Jefferson Lerma pada di menit ke-39 dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Bank of America, Carolina Utara, Rabu waktu setempat atau Kamis (11/7/2024) WIB.

Kedua tim saling serang pada babak pertama di mana Uruguay nyaris unggul pada menit ke-16 dari tendangan kaki kiri strikernya itu.

Uruguay kembali menyerang tapi masih gagal. Justru, Kolombia memanfaatkan peluang kecil melalui sepakan pojok James Rodrigues pada menit ke-39 yang disundul oleh Jefferson Lerma untuk membobol gawang Uruguay yang dikawal Sergio Rochet.

Kolombia berusaha menggandakan kedudukan ketika empat kemudian Richard Rios mendapatkan peluang di dalam kotak penalti, namun Rochet bisa menggagalkannya.

Menjelang babak pertama berakhir, Kolombia yang sedang memimpin mendapatkan petaka setelah Daniel Munoz mendapatkan kartu merah langsung setelah kepergok menyikut Manuel Ugarte pada menit ke-45+1.

Memasuki babak kedua, pelatih Kolombia Nestor Lorenzo melakukan pergantian cepat untuk menyeimbangkan permainannya dengan 10 pemain dengan memasukkan bek Santiago Arias untuk menggantikan pemain sayap Jhon Arias.

Pelatih Uruguay Marcelo Bielsa berusaha memanfaatkan keunggulan jumlah pemain dengan memasukkan Giorgian De Arrascaeta dan Cristian Olivera.

La Caleste lebih tajam pada babak kedua sehiongga pada menit ke-65, Nunez kembali mendapatkan peluang gol yang dapat ditepis oleh Camilo Vargas.

Dua menit setelahnya, giliran Nicolas de la Cruzmencoba keberuntungan melalui tendangan jarak jauh dan sayangnya Vargas kembali menggagalkannya.

Bielsa lalu memasukkan striker berpengalaman Luis Suarez pada menit ke-67 untuk bermain dengan dua striker haus gol di depan.

Empat menit setelah masuk lapangan, Suarez langsung mendapatkan peluang emas di dalam kotak penalti saat tendangan kaki kanan kerasnya melenceng tipis di samping gawang Kolombia.

Baca Juga:  POMnas XVIII 2023Taekwondo Sumbang Medali Pertama

Melihat Uruguay mulai buntu dengan serangannya, Los Cafeteros mengincar serangan balik berbahaya, tapi dua peluang emas yang didapatkan Mateus Uribe gagal meengakhiri laga setelah tendangannya masih melebar tipis paa menit ke-87 dan membentur mistar gawang pada menit ke-90+4.

Uruguay akan menantang Argentina dalam final di Stadion Sun Life, Florida pada Senin pekan depan pukul 07.00 WIB.

Uruguay akan memainkan laga perebutan tempat ketiga melawan Kanada di Stadion Bak of America, Carolina Utara, sehari sebelumnya.

Sementata itu, pelatih Timnas Uruguay Marcelo Bielsa mengaku ia bertanggung jawab penuh setelah gagal membawa timnya melaju ke partai final Copa America 2024 Amerika Serikat setelah kalah 0-1 dari Kolombia pada semifinal di Stadion Bank of America, Carolina Utara, Kamis WIB.

Setelah tertinggal satu gol melalui sundulan Jefferson Lerma pada menit ke-39, Uruguay mendapatkan peluang untuk menyamakan kedudukan setelah mereka unggul jumlah pemain, menyusul Daniel Munoz mendapatkan kartu merah tepat sebelum babak pertama selesai.

La Celeste melesatkan tujuh tembakan pada babak kedua yang tak ada yang berbuah gol setelah dua di antaranya tepat sasaran dan satu di antaranya mengenai mistar gawang.

“Uruguay jelas berada dalam posisi untuk memenangkan pertandingan ini…Saya mengambil tanggung jawab khusus karena tidak mampu mendapatkan keuntungan ketika kami memiliki pemain yang mampu melakukannya,” kata pelatih 68 tahun itu, dikutip dari AFP, Kamis.

Sementara itu, di sisi lain pelatih Kolombia Nestor Lorenzo mengatakan kemenangan ini berkat permainan timnya yang berani walau hanya bermain dengan 10 pemain.

“Kami memimpin, mengambil risiko, dan kami bahkan berani. Ketika kami tertinggal satu, kami mempertahankan dua striker…dan itu adalah tindakan keberanian yang membuahkan hasil,” kata Lorenzo.

Baca Juga:  Pemain Indonesia Ragnar Oratmangoen Main 63 Menit, Sittard Ditaklukkan Twente 0-2

Kekalahan ini membuat Uruguay akan memainkan laga perebutan tempat ketiga melawan Kanada di Stadion Bank of America, Carolina Utara, pada Sabtu (13/7) waktu setempat atau Minggu (14/7) pukul 07.00 WIB.

Susunan pemain kedua tim:

Uruguay: Sergio Rochet, Sebastian Caceres, Jose Maria Gimenez, Mathias Olivera, Federico Valverde, Manuel Ugarte, Facundo Pellistri, Rodrigo Bentancur, Nicolas de la Cruz, Maximiliano Araujo, Darwin Nunez
Pelatih: Marcelo Bielsa

Kolombia: Camilo Vargas, Johan Mojica, Carlos Cuesta, Davinson Sanchez, Daniel Munoz, Richard Rios, Jefferson Lerma, Jhon Arias, James Rodrigues, Luis Diaz, Jhon Cordoba
Pelatih: Nestor Lorenzo.

Iklan
Iklan