Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
OLAHRAGA

Cucurella Sebut Mbappe Bisa Tentukan Pertandingan Spanyol Versus Perancis di Semifinal Piala Eropa 2024

×

Cucurella Sebut Mbappe Bisa Tentukan Pertandingan Spanyol Versus Perancis di Semifinal Piala Eropa 2024

Sebarkan artikel ini
Bek Spanyol #24 Marc Cucurella memblokir tembakan gelandang Jerman #10 Jamal Musiala selama pertandingan sepak bola perempat final UEFA Euro 2024 antara Spanyol dan Jerman di Stuttgart Arena di Stuttgart pada Jumat (5/7/2024). (Kalimantanpost.com/Antara/ /AFP)

JERMAN, Kalimantanpost.com – Striker Perancis, Kylian Mbappe masih belum menemukan naluri membunuh dan mencetak gol selama berlangsug Piala Eropa 2024.

Walau pun masih tumpul sebagai striker, bek sayap Spanyol Marc Cucurella menilai kapten timnas Perancis Kylian Mbappe sebagai pemain yang bisa menentukan hasil pertandingan ketika Spanyol ditantang Perancis dalam semifinal Piala Eropa 2024 di Allianz Arena, Rabu (10/7/2024) pukul 02.00 WIB.

“Dia salah satu pemain yang mungkin tidak terlibat dalam gerakan transisi tim tetapi dialah yang membuat perbedaan. Ini merupakan pertandingan yang berat, tapi kami tim yang kuat dan solid. Jika kami bersatu, kami bisa mengalahkan Perancis,” kata Cucurella dalam laman Euro 2024 pada Senin.

Spanyol dan Perancis sudah 36 kali bertemu dalam semua kompetisi. Spanyol mengemas 16 kali, sedangkan Perancis 13 kali menang.

La Roja juga jauh lebih produktif dibandingkan dengan Les Bleus. La Furia Roja total mencetak 64 gol berbanding 39 gol yang disarangkan Prancis sepanjang sejarah pertemuan kedua tim.

Cucurella menyebut La Furia Roja memang mengalami kelelahan karena harus bertanding sampai babak perpanjangan waktu saat bersua Jerman dalam perempat final.

“Tapi ada kegembiraan sejaati saat mencapai semifinal dan dua pertandingan lagi untuk memenangkan trofi,” ujar Cucurella.

Cucurella mengemban tugas berat di sayap kiri pertahanan Spanyol untuk menghadang sayap serfangan Les Bleus yang mempunyai pemain-pemain dengan kecepatan di atas rata-rata seperti Kylian Mbappe, Ousmane Dembele, Kingsley Coman, dan Bradley Barcola.

Spanyol menjadi satu-satunya tim yang selalu menang dalam lima pertandingan yang sebelum laga semifinal.

Sementara itu, Dani Olmo akan mengemban tugas penting saat Spanyol bertemu Perancis.

Gelandang serang RB Leipzig berusia 26 tahun itu akan mengambil peran sebagai pengatur serangan La Furia Roja setelah Pedri mengalami cedera.

Baca Juga:  Assist Calon Pemain Timnas Ragnar Oratmangoen Hantarkan Sittard Tumbangkan Waalwijk 1-0

Pelatih Spanyol Luis de la Fuente menaruh kepercayaan besar kepada Olmo yang menjadi “man of the match” saat Spanyol mengalahkan Jerman 2-1 dalam perempat final Piala Eropa 2024 Jumat pekan lalu.

Olmo menggantikan Pedri yang cedera pada menit ke-8, berhasil menyumbangkan satu gol dan satu asis untuk gol Mikel Merino pada menit ke-119 setelah kedua tim imbang 1-1 selama 2×45 menit.

Pada tiga pertandingan fase grup, Dani Olmo bukanlah nama pertama dalam daftar starting eleven de la Fuente yang selalu memilih Pedri dalam tim utama.

Hal itu dianggap wajar karena Olmo beroperasi di pos sama dengan Pedri sebagai gelandang serang. Posisi kedua yang bisa ditempati Olmo adalah sayap kiri, namun Spanyol lebih sering menurunkan pemain Athletic Bilbao Nico Williams.

Kendati demikian, Olmo selalu berkontribusi maksimal ketika diberi kesempatan bermain. Dia menjadi pemain terbaik pada laga melawan Jerman dan mencetak gol ke gawang Georgia pada babak 16 besar seusai menggantikan Pedri pada babak kedua.

Pemain binaan akademi Barcelona itu juga memberikan asis untuk gol tunggal Ferran Torres saat Spanyol menang 1-0 atas Albania pada laga ketiga fase grup.

“Dani Olmo adalah pemain luar biasa, pesepakbola fantastis, saya sangat menghargainya,” kata De la Fuente sebagaimana diwartakan AFP, Senin. “”Dia lebih memikirkan tim ketimbang dirinya sendiri sebagai individu.”

Olmo menyatakan kesanggupannya mengemban peran baru sebagai pemain andalan untuk timnas Spanyol.

“Saya kelelahan. Tapi saya merasa sangat bangga dengan tim kami yang fantastis, berjuang hingga akhir, tim yang luar biasa, saya sangat bahagia,” kata Olmo.

Pedri mengalami cedera lutut setelah mendapat tekel keras dari gelandang veteran Jerman Toni Kroos. Pedri dipastikan absen selama sebulan atau sampai Piala Eropa berakhir.

Baca Juga:  Gubernur Paman Birin tutup Kejurnas Pencak Silat antar PPLP/PPLPD dan SKO.

Selain Pedri, La Roja juga tak diperkuat bek kanan Dani Carvajal dan bek tengah Robin Le Normand karena akumulasi kartu. De la Fuente kemungkinan menurunkan Nacho Fernandez dan Jesus Navas untuk menggantikan dua pemain tersebut. (Ant/KPO-3)

Berikut jadwal semifinal Euro 2024:

Rabu (10/7)
Spanyol vs Prancis di Allianz Arena, Muenchen, pukul 02.00 WIB

Kamis (11/7)
Belanda vs Inggris di Signal Iduna Park, Dortmund, pukul 02.00 WIB.

Iklan
Iklan