Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Palangka Raya

Disbudpar Kalteng Dorong Pariwisata Goes Digital

×

Disbudpar Kalteng Dorong Pariwisata Goes Digital

Sebarkan artikel ini
Peserta praktek peningkatan SDM Pengelola DTW Kalteng. (Kalimantanpost.com/Reprohumaspemprovkalteng)

PALANGKA RAYA, Kalimantanpost.com – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah mengadakan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) bagi Masyarakat Sekitar Daya Tarik Wisata (DTW) di Palangka Raya, Sabtu (6/7/2024).

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah, Adiah Chandra Sari melalui Kepala Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata, Agung Catur Prabowo mengatakan pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia yang kompeten dalam pengelolaan kawasan di sekitar Daya Tarik Wisata.

“Pengembangan Desa Wisata telah menjadi strategi populer dalam mendorong sektor pariwisata. Oleh karena itu, pemerintah perlu memberikan pelatihan untuk meningkatkan SDM yang ada, sehingga menjadi SDM yang dapat diandalkan, memiliki wawasan, kreatifitas dan pengetahuan,” bebernya.

Kepala Bidang Pengembangan Destinasi dan Kelembagaan Pariwisata, Adi Riswandi menjelaskan bahwa pada pelatihan ini para peserta diberikan pemahaman tentang digital marketing kepariwisataan.

Adi mengatakan, pihaknya menghadirkan narasumber dari Tim Ide Creative Jakarta dan atourin.com untuk memberikan materi tentang digital marketing, bagaimana cara membuat paket wisata yang menarik dan layak jual, serta meningkatkan kompetensi dalam mempromosikan destinasi dan daya tarik wisata secara profesional.

“Harapan kami, ke depannya kolaborasi antara stakeholder bidang Pariwisata khususnya desa wisata dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Kalimantan Tengah, membuka lapangan kerja dan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD),” pungkasnya.

Pelatihan yang diadakan 6 – 7 Juli 2024 ini diikuti sebanyak 75 peserta yang merupakan para Pengelola Desa Wisata, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), dan pelaku usaha pariwisata dari 14 Kabupaten/Kota.

Diakhir kegiatan ini terbentuk sebanyak 14 desa wisata, empat Tour Operator, satu)
museum dan satu resort telah goes digital dan berhasil on boarding dalam marketplace atourin.com. (drt/KPO-3)

Baca Juga:  Sekda Nuryakin Hadiri Aruh Ganal Haul ke-19 Guru Sekumpul di Palangka Raya

Iklan
Iklan