Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Balangan

Harapkan Dinkes Tekan Angka Stunting

×

Harapkan Dinkes Tekan Angka Stunting

Sebarkan artikel ini

Balangan, KP – DPRD kabupaten Balangan harapkan Pemerintah Kabupaten Balangan dalam hal ini Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes P2KB) setempat untuk menekan angka stunting di Kabupaten Balangan.

Hal itu disampaikan Ketua DPRD Balangan Ahsani Fauzan. Politisi muda Golkar ini mengatakan, stunting merupakan masalah kesehatan yang tidak bisa dianggap remeh.

Peran aktif dari Dinkes Balangan sebagai instansi teknis sangatlah diharapkan lebih maksimal.

“Stunting ini merupakan persoalan nasional dibidang kesehatan. Jadi sangatlah penting untuk diperhatikan oleh Dinkes agar jumlahnya tidak bertambah di Balangan,” ujarnya kepada wartawan, Kamis kemarin.

Legislator muda itu menuturkan, saat ini Dinkes Balangan hendaknya gencar melakukan penyuluhan terkait pencegahan stunting pada ibu rumah tangga.

Hal itu katanya, bisa dilakukan oleh kader-kader posyandu yang tersebar di kabupaten Balangan.

“Puskesmas dan Posyandu bisa menjadi ujung tombak untuk mencegah meningkatnya angka kasus stunting di Balangan,“ imbuhnya.

Sementara, sesuai data jumlah anak usia 0-60 bulan di 8 kecamatan dengan jumlah balita stunting tertinggi tahun 2024 adalah Kecamatan Lampihong dengan angka 275, terdiri balita laki-laki sebanyak 169 orang dan 106 balita perempuan. Sedangkan terendah yakni di kecamatan Tebing Tinggi dengan jumlah balita 87 orang. (srd/K-6)

Iklan
Baca Juga:  Pemkab Balangan Gelar Pisah Sambut Kajari
Iklan